Pemkab Purbalingga Bakal Tuntaskan Pembangunan Jalan ke Jembatan Wika Tahun Ini

Pemkab Purbalingga Bakal Tuntaskan Pembangunan Jalan ke Jembatan Wika Tahun Ini

Akses jalan menuju Jembatan Wika masih berupa tanah urugan dan batu sirtu.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PURBALINGGA bakal menuntaskan pembangunan Jembatan Wirasana-Kalikajar (Wika), di Sungai Klawing, Kabupaten PURBALINGGA.

Rencananya, tahun 2024 ini, akan dialokasikan dana untuk menyelesaikan pembangunan akses jalan menuju jembatan. Baik dari sisi Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga ataupun sisi Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga Istanto Sugondo, Selasa, 5 Maret 2024.

"Kami akan anggarkan di APBD Perubahan tahun ini. Namun, juga memungkinkan bisa bisa dikerjakan menggunakan anggaran APBD murni tahun ini," katanya ditemui disela-sela acara tasyakuran selesainya pembangunan Jembatan Wika.

BACA JUGA:DPUPR Optimis Pembangunan Jembatan Wika Selesai Sebelum Pemilu 2024

Dia menjelaskan, rencananya akses jalan menuju jembatan akan dibuat menggunakan rigid beton. "Kami sudah mengusulkan bisa dianggarkan tahun ini," lanjutnya.

Dia menambahkan, untuk menyelesaikan akses jalan menuju jembatan dibutuhkan dana sekira Rp 2 miliar. 

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Purbalingga Gunawan Wibisono menambahkan, ada sekira 560 meter akses jalan menuju jembatan yang perlu ditingkatkan.

Yakni, 200 meter di sisi Desa Kalikar, Kecamatan Kaligondang dan 360 meter di sisi Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga.

BACA JUGA:Pembangunan Jembatan Wika Masih Tak Sesuai Target

Di sisi Kelurahan Wirasa ada dua ruas yang perlu ditingkatkan. Yakni, sekira 200 meter dari jalan utama Wirasana menuju jalan jembatan. Serta, 160 meter dari batas akhir pembuatan jalan baru menuju jembatan.

"Sementara ini untuk Askes ke jembatan kami keraskan terlebih dahulu. Selanjutnya, akan ditingkatkan menjadi jalan beton, yang sedang kamu usulkan," lanjutnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pertiwi sesuai acara tasyakuran memastikan akses jalan menuju jembatan, akan dirampungkan tahun ini. Baik di sisi Kelurahan Wirasana ataupun sisi Desa Kalikajar.

"Dialokasikan pada tahun ini (anggaran pembangunan akses jembatan Wika, red)," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: