Rayakan Hari Suci Galungan dengan Menanam Pohon Bodhi Lambang Pencerahan

Rayakan Hari Suci Galungan dengan Menanam Pohon Bodhi Lambang Pencerahan

Ibu Dandim 0701 Banyumas menyerahkan pohon bodhi yang merupakan amanah dari Pendeta Konghucu untuk ditanam di momen hari suci Galungan, Rabu (28/2/2024) di Pura Pedaleman Giri Kendeng.-Anggit untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Umat Hindu di Kabupaten Banyumas merayakan Hari Suci Galungan di Pura Pedaleman Giri Kendeng, Desa Klinting, Kecamatan Somagede, Rabu (28/2/2024).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Banyumas, Slamet Raharjo memaparkan, ada yang istimewa pada momen Hari Suci Galungan kali ini di Pura Pedaleman Giri Kendeng. Sebab, untuk pertama kalinya dilakukan penanaman pohon bodhi

Galungan merupakan hari kemenangan darma melawan a darma. Setelah mampu menaklukan musuh dalam diri, diharapkan umat sudah tercerahkan.

"Kaitannya dengan Hari Suci Galungan, disimbolisasikan dengan penanaman pohon bodhi, simbol pohon pencerahan," jelas Slamet di lokasi usai kegiatan.

Berdasarkan kisah bahwa Sang Budha atau Sidharta Gautama memperoleh pencerahan ketika merenung di bawah pohon bodhi. Oleh karena itu, penanaman pohon bodhi dipandang tepat saat hari suci Galungan.

Pohon bodhi diserahkan langsung oleh Ibu Dandim 0701 Banyumas, Anak Agung Istri Diah Indrayanti. Dia memperoleh amanah dari Pendeta Konghucu, untuk menyerahkan pohon bodhi ke pihak Pura Pedaleman Giri Kendeng di momen hari suci Galungan.

Slamet juga mengajak umat Hindu untuk selalu menumbuhkembangkan rasa damai. Dimulai dari dalam diri, keluarga, lingkungan, masyarakat hingga semesta. Supaya terwujud ketentraman lahir maupun batin.

"Di saat sedang kontestasi politik seperti sekarang, kita umat Hindu ikut menjaga stabilitas dan ketentraman agar tidak timbul gejolak," pesan Slamet.

Hari suci Galungan ditutup dengan menyantap prasadam bersama. Umat juga saling tukar menukar isi prasadam dan membagikan ke tamu yang hadir. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: