Rawan Bencana Longsor, Polres Minta Pemkab Siapkan Alat Berat Sebelum Pemungutan Suara

Rawan Bencana Longsor, Polres Minta Pemkab Siapkan Alat Berat Sebelum Pemungutan Suara

Simulasi pemungutan suara Pemilu 2024, yang dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Polres Purbalingga belum mengidentifikasi adanya potensi kerawanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Polres Purbalingga melihat kondisi kamtibmas atau Keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Purbalingga, masih kondusif.

"Potensi kerawanan ada Pemilu 2024 di Kabupaten Purbalingga adalah bencana alam, yakni tanah longsor dan bajir. Kalau potensi kerawanan kamtibmas tidak ada," kata Wakapolres Purbalingga Kompol Donni Krestanto kepada Radarmas.

Dia menjelaskan, potensi kerawanan bencana alama di Kabupaten Purbalingga cukup tinggi, terutama di wilayah utara Kabupaten Purbalingga.

Polres Purbalingga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menyediakan alat berat yang standby, untuk mengatasi jika ada bencana alam menjelang pemungutan suara Pemilu 2024.

BACA JUGA:Penghujan, Potensi Tanah Bergerak dan Longsor Masih Tinggi

"Kami berharap alat berat tersebut disiapkan segera. Sebab, saat ini sudah mendekati hari pemungutan suara Pemilu 2024," ujarnya.

Apalagi dia melihat kondisi cuaca di sejumlah wilayab di Kabupaten Purbalinggga terus diguyur hujan dengan intenaitas tinggi, setiap hari.

Sehingga, potensi bencana alam baik tanah longsor atau banjir cukup tinggi.

Dia menambahkan, kurang dari satu pekan lagi, akan masum tahapan distribusi logistik Pemilu 2024. Rencananya distribusi logistik akan mulai dilaksanakan tujuh hari sebelum hari pemungutan suara.

BACA JUGA:Awal Penghujan, Bencana Tanah Longsor Berpotensi Tinggi

Yakni, dimulai dari distribusi logistik dari gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingfa ke kecamatan atau PPK.

Selanjutnya, logistik akan bergeser ke tingkat desa dan selanjutnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Logistik didistribusikan ke TPS satu hari sebelum hari pemungutan suara. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: