Tips untuk Orang Tua Jika Sang Anak Diasuh Oleh Kakek dan Neneknya

Tips untuk Orang Tua Jika Sang Anak Diasuh Oleh Kakek dan Neneknya

Beberapa tips untuk orang tua jika sang anak di asuh oleh kakek dan neneknya.-Fahma Ardiana-

1. Kakek dan nenek mungkin merasa lebih “berpengalaman” dan cenderung memberi nasihat dalam mengasuh anak. Untuk itu, baik ibu maupun ayah perlu mendengarkan dan mencernanya terlebih dahulu. 

Bukan berarti nasihat kakek dan nenek kita berarti kritikan bagi kita. Saran dan kritik adalah dua hal yang berbeda.

2. Menyepakati pembagian peran dan berpartisipasi bersama dalam komunitas pengasuhan anak bila diperlukan. Pentingnya memahami kebutuhan satu sama lain, seperti saling menghormati pendapat dan bersikap penuh kasih sayang.

3. Belajar dan belajar lagi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, tingkat pengetahuan saat ini telah mengalami perubahan yang signifikan, sehingga kakek dan nenek perlu belajar bersama cara mengasuh anak. Misalnya, cara berkomunikasi jarak jauh, cara membangun harga diri, cara mengajarkan nilai dan moral, cara memahami pikiran anak dan remaja, serta tentang kekerasan dan perundungan pada anak.

4. Membangun keintiman antara kakek-nenek, ayah, ibu dan anak/cucunya, membantu mereka lebih memahami satu sama lain, sehingga mengurangi pertengkaran dan konflik.

5. Berkolaborasi dan berkomunikasi untuk melaksanakan aturan, pola pengasuhan, dan update perkembangan anak. Buat jadwal bersama untuk percakapan rutin jika diperlukan.

Itulah dia beberapa tips untuk orang tua jika sang anak di asuh oleh kakek dan neneknya. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: