Tips untuk Orang Tua Jika Sang Anak Diasuh Oleh Kakek dan Neneknya

Tips untuk Orang Tua Jika Sang Anak Diasuh Oleh Kakek dan Neneknya

Beberapa tips untuk orang tua jika sang anak di asuh oleh kakek dan neneknya.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pada masa yang sangat sibuk ini, mungkin terdapat situasi di mana ayah dan ibu bekerja untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga, dan peran orang tua pun akhirnya menjadi terbagi.

Kakek nenek biasanya bersedia membantu merawat cucu-cucunya dan berperan sebagai ayah, ibu, atau orang tua tunggal sebagai pengasuh anak-anaknya.

Kakek nenek dianggap sebagai salah satu orang terdekat yang dapat dimintai bantuan, dukungan, atau kesempatan untuk mengasuh. Keintiman emosional berkembang ketika kakek nenek terlibat dalam membesarkan cucu-cucu mereka.

Remaja yang memiliki hubungan dekat secara emosional dengan kakek dan neneknya sejak masa kanak-kanak dapat memberikan dampak yang signifikan pada masa remajanya, terutama jika mereka merasa mendapat dukungan dari kerabat.

BACA JUGA:Mendidik Anak Menggunakan American Parenting

BACA JUGA:Mengenal Pola Asuh Orang Tua ASIA alias Tiger Parenting

Selain berdampak pada anak, kakek dan nenek juga mendapatkan pengaruh positif terutama dalam hal kesehatan fisik, dimana kakek nenek yang mengasuh cucunya memiliki skor penilaian kesehatan diri (SHR) yang lebih baol dibandingkan kakek nenek yang tidak mengasuh cucunya.

Pengasuhan kakek-nenek berhubungan positif dengan peningkatan kesehatan dan mobilitas setelah disesuaikan dengan status kesehatan dasar dan faktor sosial dan demografi lainnya. Temuan kesehatan lain dari penelitian mereka adalah tidak ada hubungan antara kepuasan hidup dengan pengasuhan anak.

Pengasuhan kakek dan nenek juga dapat memprediksi keterampilan sosial anak, antara lain tingkat keintiman dan keinginan untuk berbagi secara aktif. Kakek dan cucu diharapkan mampu meredam konflik antara dua generasi yang berbeda karakteristik.

Oleh karena itu, ayah dan ibu perlu menegaskan peran kakek dan nenek dalam pengasuhan anak agar peran tersebut terdistribusi secara merata antara kakek, nenek, dan ibu.

BACA JUGA:Belajar Parenting untuk Anak Muda Sebelum Menjadi Orang Tua

BACA JUGA:Tipe-Tipe Parenting Serta Pengaruhnya Pada Anak

Tips Pola Asuh Anak oleh Kakek dan Neneknya

Berikut beberapa tips pola asuh seimbang antara kakek dan nenek dengan orang tua :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: