Lebih dari Sekadar Rasa Manis, Ini 5 Manfaat Permen Karet bagi Kesehatan

Lebih dari Sekadar Rasa Manis, Ini 5 Manfaat Permen Karet bagi Kesehatan

Manfaat Permen Karet-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bukan hanya camilan manis, permen karet juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Tetapi, beberapa hal perlu diperhatikan saat mengunyah permen karet karena mungkin terdapat efek samping yang dapat muncul.

Ada banyak manfaat permen karet bagi kesehatan, tetapi hal ini tidak berlaku untuk semua jenis permen karet. Permen karet yang baik untuk kesehatan adalah yang bebas gula. Sebuah permen karet dikategorikan sebagai bebas gula jika kadar gula di dalamnya kurang dari 0,5 gram.

Sementara itu, konsumsi permen karet yang mengandung gula atau aditif lain dalam jumlah berlebihan, seperti BHT (Butylated hydroxytoluene), aspartam, dan titanium dioksida, sebaiknya dibatasi karena dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan.

Manfaat Permen Karet yang Beragam bagi Kesehatan

Permen karet dirancang untuk dikunyah, bukan ditelan. Mengunyah permen karet, terutama yang bebas gula, dikatakan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

BACA JUGA:Manfaat Kencur yang Luar Biasa untuk Kesehatan

BACA JUGA:Manfaat Kacang Hijau, Bisa untuk Diet Sehat Anda

1. Mengurangi Stres

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat permen karet dapat membantu mengatasi stres. Orang yang mengunyah permen karet saat merasa cemas dan stres, misalnya, saat menghadapi ujian, cenderung lebih tenang dan dapat berkonsentrasi lebih baik. Aktivitas mengunyah permen karet diketahui dapat membantu menurunkan hormon stres, seperti kortisol.

Meskipun begitu, jika stres tidak dapat diatasi dengan mengunyah permen karet, sebaiknya mencoba cara lain untuk mengatasi stres, seperti mengatur pernapasan, relaksasi, atau meditasi.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Permen karet yang bebas gula juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara rutin mengunyah permen karet bebas gula memiliki risiko lebih rendah mengalami gigi berlubang.

Saat mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat, membantu membersihkan gigi dan mulut dari bakteri dan sisa-sisa makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: