Hidup Hemat? Coba 7 Tips Menerapkan Frugal Living yang Sedang Tren Saat Ini

Hidup Hemat? Coba 7 Tips Menerapkan Frugal Living yang Sedang Tren Saat Ini

Tips Menerapkan Frugal Living-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gaya hidup hemat, atau yang dikenal sebagai frugal living, terjadi ketika seseorang lebih berhati-hati dan bijak dalam pengeluaran uang. Seseorang yang menerapkan frugal living cenderung mempertimbangkan dengan matang sebelum mengeluarkan uang.

Hal menarik dari menerapkan frugal living adalah sejumlah manfaat yang didapatkan untuk diri sendiri, seperti mencapai stabilitas keuangan, mengurangi stres keuangan, dan masih banyak lagi. Jadi, jika Anda tertarik untuk memulai menerapkan frugal living, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

Tips Menerapkan Frugal Living

Jika Anda beranggapan bahwa frugal living hanya dapat diadopsi oleh mereka yang memiliki penghasilan besar setiap bulan, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, frugal living sebenarnya dapat diterapkan oleh siapa saja, tidak peduli seberapa besar penghasilannya. 

Beberapa tips di bawah ini dapat membantu Anda menerapkan frugal living:

BACA JUGA:Cara Implementasi Metode Budgeting 50/30/20 untuk Keuangan yang Sehat

BACA JUGA:Inilah Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Perekonomian Tertata

1. Mencatat Pengeluaran yang Diperkirakan Setiap Bulan

Langkah pertama untuk menerapkan frugal living adalah mencatat semua pengeluaran yang diperkirakan setiap bulan. Pengeluaran ini mencakup biaya yang dapat Anda perkirakan akan muncul mingguan atau bulanan, seperti belanja bahan makanan, tagihan listrik, biaya bahan bakar, dan pajak.

2. Mencatat Semua Pengeluaran yang Tidak Dilakukan Setiap Bulan

Setelah mencatat pengeluaran yang diperkirakan, jangan lupakan untuk mencatat semua pengeluaran lain yang mungkin tidak terjadi setiap bulan. Contohnya termasuk biaya sumbangan untuk yayasan amal, biaya hiburan pribadi (seperti perawatan di salon atau menonton film), dan dana untuk memberikan hadiah ulang tahun kepada orang-orang terdekat. Pastikan untuk mencatatnya dengan sejelas mungkin.

3. Membeli Produk Berkualitas Tinggi

Menerapkan frugal living tidak berarti selalu mencari produk murah yang cenderung mudah rusak. Sebaliknya, dalam frugal living, penting untuk membeli barang-barang berkualitas tinggi yang memiliki daya tahan tinggi, meskipun harganya mungkin lebih tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: