Akibat Luapan Sungai Biru di Purwokerto Wetan, Rumah Terendam Banjir Setinggi 1 Meter, 62 Jiwa Terdampak

Akibat Luapan Sungai Biru di Purwokerto Wetan, Rumah Terendam Banjir Setinggi 1 Meter, 62 Jiwa Terdampak

Kondisi banjir di Purwokerto.-TANGKAPAN LAYAR VIDEO WARGA-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Meluapnya sungai biru di Kelurahan PURWOKERTO Wetan Kecamatan PURWOKERTO Timur Kabupaten Banyumas pada Sabtu (6/1/2024) pukul 13.00 WIB kemarin, mengakibatkan rumah di Rt 1 dan 2 Rw 8 terendam banjir

Banjir yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi tersebut, menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian air yang mencapai hingga 1 Meter. 

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, selain disebabkan hujan dengan intensitas tinggi lebih dari 2 jam, banjir luapan terjadi juga karena disebabkan letak pemukiman yang sejajar dengan sungai. 

BACA JUGA:Hujan Deras, Sebabkan Banjir Luapan di Purwokerto

"Hujan intensitas tinggi lebih dari 2 jam yang dimulai Pukul 12.00 WIB dan sekitar Pukul 13.00 WIB, sungai biru banjir dan meluap melalui saluran pembuangan air dari permukiman warga, luapan sungai biru masuk ke pemukiman warga hingga masuk ke dalam rumah kurang lebih 1 meter," katanya. 

Disebutkan, di Rt 1 terdapat 13 Rumah dengan jumah 18 KK dan 62 JIWA yang terdampak. 

"Banjir surut sekitar pukul 16.30 WIB. Dan dari pengakuan warga karena pemukiman yang sejajar dengan sungai biru sehingga setiap sungai biru banjir, air naik ke pemukiman hingga masuk rumah dan saat hujan reda banjir luapan berangsur surut," jelas Budi. 

BACA JUGA:Baru Diresmikan Presiden,

Kemudian terjadinya penyempitan badan sungai, karena adanya bangunan baru dibibir sungai. 

"Terdapat bangunan rumah tambahan milik warga yang berada dipinggir sungai biru," lanjutnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: