Hujan Deras, Sebabkan Banjir Luapan di Purwokerto

Hujan Deras, Sebabkan Banjir Luapan di Purwokerto

Kondisi banjir di Purwokerto Wetan, Sabtu (6/1/2024). -TANGKAPAN LAYAR VIDEO WARGA-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada pukul 12.00 WIB Sabtu (6/1/2024) mengakibatkan banjir luapan menimpa beberapa wilayah di Kota Purwokerto. 

Dari informasi yang dihimpun Radarbanyumas, banjir luapan terjadi di Pasar Wage Rt 1 dan 2 Rw 8 Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur serta Kelurahan Purwokerto kidul grumbul Pancurawis Kec. Purwokerto Selatan. 

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, banjir luapan terjadi karena hujan deras yang berlangsung berjam-jam ditambah saluran irigasi yang tidak berfungsi maksimal. 

BACA JUGA:Baru Diresmikan Presiden,

"Cuaca, terus faktor lingkungan. Jadi untuk selokan, sungai dan sebagainya diharapakan dibersihkan bersama-sama," katanya, Minggu (7/1/2024). 

Pencegahan terhadap terjadinya banjir luapan tersebut harus dilaksanakan secara bersama-sama dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyumbat saluran air. 

"Untuk dampak luapan sungai kali biru di Pancurawis itu RW 3 7 dan 9. Sempat meluap ke pemukiman warga tapi selang beberapa menit surut setelah pintu air dibuka," jelasnya. 

BACA JUGA:Tanggap Bencana Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, BRI Distribusikan Bantuan Bagi Korban Terdampak

Sementara banjir luapan yang terjadi di Pasar Wage dan pemukiman disekitarnya yaitu Rt 1 dan 2 Rw 8 Kelurahan Purwokerto Wetan diakibatkan karena meluapnya air kali beser. 

"Banjir hanya meluap ke jalan (dalam pasar, red) dan tidak meluap ke dalam warung pedagang," bebernya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: