8 Penyebab Kecelakaan Kereta Api, Paling Sering Terjadi!

8 Penyebab Kecelakaan Kereta Api, Paling Sering Terjadi!

Penyebab Kecelakaan Kereta Api-People Magazine-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meskipun angka kecelakaan kereta api cukup rendah, penyebab kecelakaan kereta api penting untuk diketahui.

Kereta api, sebagai salah satu sarana transportasi utama di berbagai negara, memberikan kontribusi signifikan pada mobilitas masyarakat dan perpindahan barang. 

Meskipun telah ada banyak peraturan dan inovasi keamanan, kecelakaan kereta api masih terjadi.

Berikut informasi mengenai penyebab kecelakaan kereta api yang telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

Penyebab Kecelakaan Kereta Api

Banyak sekali penyebab kecelakaan kereta api, kali ini Radarmas telah merangkai delapan penyebab yang paling sering terjadi.

1. Kesalahan Manusia

Kesalahan manusia tetap menjadi penyebab utama kecelakaan kereta api. Ini dapat mencakup keputusan pengemudi yang buruk, kelalaian, atau bahkan perilaku penumpang yang tidak aman. 

Pergeseran sinyal, melewati perlintasan kereta yang sedang aktif, atau pelanggaran aturan lalu lintas dapat menjadi pemicu utama kecelakaan.

2. Gangguan Sinyal

Gangguan pada sistem sinyal dan komunikasi dapat mengakibatkan kegagalan dalam memberikan informasi yang tepat kepada operator kereta atau staf pengawas. 

Jika sinyal atau komunikasi antara berbagai bagian sistem terganggu, kesalahan pengoperasian atau kegagalan koordinasi dapat terjadi, meningkatkan risiko kecelakaan.

3. Kondisi Cuaca Ekstrem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: