Perumdam Tirta Wijaya Cilacap Target 20 Ribu Sambungan Langganan di Tahun 2028

Perumdam Tirta Wijaya Cilacap Target 20 Ribu Sambungan Langganan di Tahun 2028

Ilustrasi masyarakat di Cilacap mengantre untuk mendapatkan air bersih.-DOK RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 1 triliun di tahun mendatang, terus dioptimalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten CILACAP. Salah satunya bersama Perumdam Tirta Wijaya.

Dalam hal ini, Perumdam Tirta Wijaya akan menargetkan penambahan sambungan langganan (SL) hingga 20 ribu SL pada tahun 2024-2028 mendatang. 

Direktur Utama Perumdam Tirta Wijaya Cilacap Bambang Yulianto mengatakan, hingga tahun 2023 ini, sudah ada 108.120 SL yang sudah tersebar di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Tahun ini sudah ada 108.120 sambungan langganan. Berarti jika dihitung sudah ada 325.874 jiwa di Kabupaten Cilacap yang tersambung air bersih ini," katanya.

BACA JUGA:Perubahan SOTK Beberapa OPD Dilingkup Pemkab Cilacap dimulai Januari 2024

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Kabupaten di Cilacap Membutuhkan Anggaran Rp 800 Miliar

Disisi lain, kata Bambang, masih banyak wilayah Kabupaten Cilacap yang belum teraliri air bersih. Untuk itu, pihaknya memproyeksi penambahan hingga 20 ribu SL dengan target 138.037 SL.

"Kita bersama Pemerintah Kabupaten Cilacap berupaya meningkatkan kebutuhan air bersih masyarakat. Sehingga jika musim kemarau masyarakat bisa menggunakan air bersih," ujar Bambang.

Sementara itu Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, dengan adanya rencana bisnis dari Perumdam Tirta Wijaya hingga lima tahun kedepan, diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan PAD di Kabupaten Cilacap.

"Seperti kita tahu, sanitasi dan kebutuhan air bersih juga menjadi prioritas kami. Ini juga dapat membantu untuk meningkatkan PAD kita dimana di tahun 2025 kita targetkan mencapai Rp 1 triliun," ujar Pj Bupati. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: