Kodim Banyumas Gelar Lomba PBB Tingkat SMA Sederajat

Kodim Banyumas Gelar Lomba PBB Tingkat SMA Sederajat

JUARA: Penyerahan piala lomba PBB memperingati hari juang TNI-AD ke-78 tahun 2023 kepada juara pertama, Rabu (13/12). -KODIM 0701 BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Peringati hari juang TNI-AD ke-78 tahun 2023, Kodim 0701/Banyumas kerja sama dengan Polresta Banyumas, Pemda Banyumas dan Dinas Pendidikan Banyumas menggelar lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMA/SMK/MA sederajat sewilayah Kabupaten Banyumas. Acara di GOR Sasana Krida Satria Purwokerto, Rabu (13/12).

Lomba dibuka dengan upacara bersama sebagai irup Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Catur Irawan, S.Ip., M.Ip. Dihadiri Forkopimda Banyumas, Kasdim 0701/Banyumas, guru pendamping, juri yang terdiri dari TNI-Polri dan Diknas Banyumas, tamu undangan dan peserta lomba PBB. Serta dimeriahkan oleh penampilan demontrasi PBB bersenjata oleh anggota Kodim 0701/Banyumas dipimpin Serda Purwanto Babinsa Koramil 02/Baturaden yang berhasil membuat para peserta lomba terpukau dengan penampilannya.

Pada kesempatan itu Kasrem membacakan amanat Komandan Korem 071/Wijayakusuma bahwa dirinya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas digelarnya lomba ini.

BACA JUGA:Melanggar dan Tidak Berizin, Ratusan Reklame Liar di Purwokerto Ditertibkan Satpol PP

"Lomba PBB ini sangat penting bagi anak-anak khususnya para pelajar sebagai generasi penerus bangsa, yaitu untuk menanamkan kesadaran bela negara dan jiwa patriotisme. Sehingga ke depan dapat menjadi pemimpin bangsa yang beretika, berakhlak, disiplin dan bertanggung jawab," papar Kasrem dalam sambutannya.

Lomba PBB hakekatnya bertujuan untuk membentuk jiwa korsa dan kepribadian yang disiplin. Karena dalam baris berbaris terkandung nilai-nilai kekompakan, kesatupaduan, kerapian, kebersamaan dalam gerak dan langkah. Hal ini akan bisa terwujud apabila masing-masing pribadi mampu melaksanakan dengan tertib dan teratur terhadap aba-aba atau perintah sang pemimpin.

Baris berbaris juga menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas. Selain itu, merupakan olah raga yang membentuk postur tubuh menjadi tegak. Apabila dilakukan secara benar serta teratur akan memperlancar siklus metabolisme peredaran darah. Sehingga mampu menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

BACA JUGA:16 Pasangan Tidak Sah Terjaring Razia Satpol PP Cilacap, Berduaan di Dalam Kamar Kos dan Hotel

"Melihat manfaat tersebut, maka saya berharap kepada seluruh peserta lomba PBB, dapat mengikuti dengan penuh semangat sebagai wujud kecintaan kepada NKRI. Keluarkan seluruh kreativitas yang ada disertai rasa kebersamaaan dan jiwa korsa yang tinggi," imbuh Kasrem.

Setiap peserta supaya berlomba dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Taati semua peraturan dan ketentuan perlombaan yang berlaku secara fear. Agar semua peserta tidak merasa dirugikan. Sehingga kemenangan yang diperoleh benar-benar merupakan hasil prestasi yang dapat dibanggakan.

Kepada panitia dan dewan juri, agar laksanakan kegiatan perlombaan ini dengan penuh kesungguhan, adil dan jujur serta bertanggung jawab. Utamakan faktor keselamatan dan keamanan, baik personel maupun materiil. Selanjutnya adakan koordinasi yang baik antara panitia, dewan juri dan pihak sekolah guna menemukan solusi yang terbaik apabila mengalami kendala selama perlombaan.

BACA JUGA:Langganan Abrasi Pantai, 150 Bronjong Sabut Kelapa Dipasang di Pantai Sodong Cilacap

"Kami ucapkan terima kasih kepada para pendukung dan sponsor seperti Pemda Banyumas, Polresta Banyumas, Dinas Pendidikan Banyumas, BRI, BNI, BWS, BPR Gunung Slamet, Depo Pelita, RM Putri Gunung, RM Dapur Prambanan, PT. Pumas, PT. Indo Cipta Nusantara, PT Rider dan lain-lain sehingga terselenggaranya kegiatan ini dengan baik," imbuh Kasrem.

Lomba PBB diikuti 44 peserta se Kabupaten Banyumas. Peserta terdiri dari satu tim berjumlah 19 orang dengan komposisi 1 orang pemimpin regu, 9 siswa dan 9 siswi. Juara I disabet SMA N 1 Banyumas mengantongi nilai 24.335. Juara II diraih SMA N 5 Purwokerto dengan nilai 24.140. Juara III SMA N 2 Purwokerto peroleh nilai 23.985 dan juara harapan I adalah MAN 2 Banyumas mendapat nilai 23.510. (ads/fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: