Langganan Abrasi Pantai, 150 Bronjong Sabut Kelapa Dipasang di Pantai Sodong Cilacap

Langganan Abrasi Pantai, 150 Bronjong Sabut Kelapa Dipasang di Pantai Sodong  Cilacap

Sejumlah relawan kerja bakti melakukan pemasangan bronjong sabut kelapa di Pantai Sodong Cilacap.-BPBD Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebagai upaya penanganan abrasi pantai di Kabupaten CILACAP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) CILACAP melakukan pemasangan bronjong sabut kelapa di Pantai Sodong Desa Karangbenda Kecamatan Adipala, Jumat (15/12/2023).

Pemasangan bronjong sabut kelapa dilakukan oleh sekitar 280 orang. Bersama Forkopimda, unsur pentahelix, akademisi, dan sejumlah relawan. 

Plt Kalak BPBD Cilacap, Slamet Arif Praptomo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk inovasi penanganan abrasi pada tanggul pantai dengan menggunakan bahan baku ramah lingkungan.

"Sudah kita uji cobakan di Pantai Kemiren Cilacap Selatan, Pantai Sidayu Binangun, Pantai Bungso Nusawungu dan saat ini kondisinya telah terbentuk tanggul pantai," katanya. 

BACA JUGA:Akhirnya, Pasar Kroya Cilacap Dibongkar

BACA JUGA:Puluhan PKL di Jalan Juanda Cilacap Langgar Ketertiban, Kepala Satpol PP : Sudah Diberi Surat Peringatan

Dia mengatakan, ada 150 bronjong sabut kelapa yang dipasang sepanjang 50 meter di Pantai Sodong Kecamatan Adipala.

"Sistem kerja bronjong sabut kelapa sendiri nanti pasir datang ke pantai dan terperangkap kemudian membentuk bukit dan menjadi landai," kata dia.

Menurutnya, Pantai Sodong memiliki tingkat bencana abrasi dan tsunami yang cukup tinggi. Bahkan abrasi yang terjadi di pantai ini cukup parah. Sehingga pemasangan bronjong sabut kelapa urgensi untuk dilakukan.

"Setiap tahunnya di Pantai Sodong pasti abrasi. Ini upaya kita untuk melakukan mitigasi bencana. Karena di Pantai Sodong juga rawan terjadi bencana tsunami," kata Arif. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: