Main Hp Saat Hujan Bisa Tersambar Petir, Mitos atau Fakta?

Main Hp Saat Hujan Bisa Tersambar Petir, Mitos atau Fakta?

Mitos Bahaya Bermain Hp Saat Hujan! Bisa Tersambar Petir-tribunnews.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apakah bermain ponsel saat hujan petir dapat berbahaya? Pertanyaan ini sering muncul di pikiran banyak orang saat musim hujan tiba.

Hal ini mengingat sebagian besar aktivitas kita saat ini sangat terkait dengan penggunaan smartphone.

Sebagian besar wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan, yang sering disertai dengan petir dan suara guntur.

Melihat kilatan petir dan mendengar guntur menggelegar dapat menimbulkan ketakutan, terutama dalam melakukan aktivitas seperti bermain atau menggunakan ponsel saat hujan petir.

BACA JUGA:9 Masakan yang Enak di Musim Hujan, Semua Menggugah Selera!

BACA JUGA:10 Cara Merawat Sepatu di Musim Hujan, Agar Tetap Awet Apapun Bahannya!

Petir terbentuk karena adanya muatan listrik negatif yang menarik muatan positif, mengakibatkan terjadinya kilatan petir.  

Petir dapat menyambar apa saja, terutama benda-benda yang menjadi jalur arus listrik, seperti tiang listrik.

Sehingga, disarankan untuk tidak mencari tempat berlindung di atas pohon atau berada di ruang terbuka saat hujan, karena kedua tindakan tersebut dapat meningkatkan risiko tersambar petir.

Seringkali kita mendengar pernyataan bahwa menggunakan ponsel saat hujan petir dapat membahayakan nyawa kita.

Namun, pernyataan tersebut bersifat mitos atau tidak benar, karena ponsel saat ini tidak terhubung melalui kabel tetapi menggunakan koneksi nirkabel.

BACA JUGA:Tips Merawat Sepatu Saat Musim Hujan, Agar Tidak Cepat Bau dan Kotor

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Sangat Penting

Menggunakan ponsel tanpa menyambungkan kabel charger tidak membahayakan, karena petir yang menyambar akan mengikuti jalur arus listrik. 

Sehingga siapapun atau apapun yang memiliki muatan listrik dapat terkena sambaran petir.

Saat ini, banyak rumah yang dilengkapi dengan sistem penangkal petir, dan jaringan listrik yang baik di rumah selalu memiliki grounding yang terhubung ke tanah untuk mengalirkan kelebihan muatan listrik.

Tips Bermain Hp Saat Musim Hujan

 

Meskipun dinyatakan bahwa anggapan bermain ponsel saat hujan petir berbahaya adalah mitos, namun disarankan untuk mematuhi saran berikut.

BACA JUGA:10 Ide Usaha Kreatif Saat Musim Hujan, Sangat Menarik Untuk Ditekuni

BACA JUGA:Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat Saat Musim Hujan, Agar Tubuh Tidak Cepat Sakit!

Hindarilah penggunaan peralatan listrik, termasuk smartphone, yang sedang terhubung ke sumber listrik saat dalam proses pengisian daya atau charge.

Disarankan untuk melepaskan ponsel dari sumber listrik atau proses charge saat cuaca sedang hujan, Prinsip ini juga berlaku pada laptop, komputer, dan perangkat lainnya. 

Petir dapat menyebar melalui sistem elektrik, radio, serta antena televisi, oleh karena itu, sebaiknya menghindari penggunaan telepon kabel.

Untuk mengurangi risiko, disarankan untuk menghindari dinding dan lantai beton, karena arus listrik dapat menyebar melalui logam besi atau kawat yang membentuk struktur beton.

BACA JUGA:Rekomendasi Minuman Untuk Menghangatkan Badan dan Mengatasi Masuk Angin, Di Musim Hujan!

BACA JUGA:6 Tips Merawat Tanaman tetap subur, Saat Musim Hujan!

Selain itu, perlu dihindari penggunaan air saat terjadi badai petir, mengingat arus listrik petir dapat mengalir melalui pipa ledeng. 

Berikut adalah jawaban atas bermain Hp saat hujan, jadi sebenarnya mitos namun jika bermainya di dekat arus listrik juga dapat berbahaya.

Maka dari itu penting untuk Anda mengetahui dan menghindari hal tersebut, agar hal buruk tersebut tidak terjadi pada Anda. (aef/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: