Aset Milik Pemerintah Diminta Dimanfaatkan untuk Tingkatkan PAD Cilacap

Aset Milik Pemerintah Diminta Dimanfaatkan untuk Tingkatkan PAD Cilacap

Ilustrasi pusat kegiatan masyarakat di wilayah perkotaan Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Salah satunya melalui optimalisasi aset yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) CILACAP.

Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan PAD. Hal ini dilakukan lantaran Pemkab Cilacap sendiri memiliki target Rp 1 triliun di tahun mendatang.

"Kalau PAD tinggi menunjukan bahwa potensi pendapatan masyarakat meningkatkan.  Tapi ini sudah semakin meningkat, nanti semoga bisa sampai Rp 1 triliun," kata Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri.

Pj Bupati Cilacap mengatakan, salah satu contoh peluang untuk meningkatkan PAD seperti mengelola eks gedung Puskesmas Gandrungmangu yang kini tidak terpakai untuk disewakan ke pihak yang mau membayar untuk kepentingan usaha.

BACA JUGA:Pj Bupati Cilacap Akan Beri Sanksi Pegawai ASN dan Non ASN yang Tidak Netral dalam Pemilu

BACA JUGA:Puluhan PKL di Jalan Juanda Cilacap Langgar Ketertiban, Kepala Satpol PP : Sudah Diberi Surat Peringatan

Pj Bupati Cilacap meminta, agar setiap OPD dapat mendata aset-aset yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap. Tidak hanya itu, sejumlah aset yang dimiliki oleh pemerintah pusat juga diharapkan dapat dioptimalisasikan. 

"Aset yang dimiliki oleh pemerintah pusat bisa dikoordinasikan agar bisa dikelola dan dimanfaatkan," kata Pj Bupati Cilacap.

Disisi lain, kata Pj Bupati Cilacap, peningkatan PAD penting dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Dimana saat ini, pihaknya masih memiliki PR untuk mementaskan 37 desa miskin ekstrem.

"Semoga di tahun 2024 mendatang masalah ini bisa teratasi. Sesuai arahan Presiden bahwa pada 2024 tidak ada lagi desa miskin ekstrem," kata Pj Bupati Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: