Apresiasi Karya dan Prestasi Penyandang Disabilitas, Dinsos Gelar Event Cilacap Ramah Disabilitas

Apresiasi Karya dan Prestasi Penyandang Disabilitas, Dinsos Gelar Event Cilacap Ramah Disabilitas

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Arida Puji Astuti.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Untuk mengapresiasi hasil karya serta prestasi para penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten CILACAP, Dinas Sosial Kabupaten CILACAP akan menggelar event bertajuk " Menuju CILACAP Ramah Disabilitas ".

Bentuk apresiasi yang diberikan dalam event tersebut yakni dengan memberikan kesempatan kepada para disabilitas yang memiliki bakat atau prestasi untuk ditampilkan dan ditunjukan kepada masyarakat luas.

"Selama ini bentuk apresiasinya hanya berupa bantuan saja, tapi kita akan berusaha memberikan ruang bagi mereka untuk menunjukkan bakat-bakat serta prestasi mereka," kata Kepala Dinas Sosial Cilacap, Arida Puji Astuti kepada Radarmas, Senin (11/12/2023).

Event yang sedianya akan dimulai sore nanti dan berlangsung hingga besok Selasa (12/12/2023) akan menampilkan anak-anak penyandang disabilitas akan tampil diatas pentas seperti menyanyi, menari, baca puisi, pantomim.

BACA JUGA:Dalam Sepekan, Dua Kasus Penjambretan Terjadi di Cilacap, Ini Langkah Polresta Cilacap

BACA JUGA:Deltras Sidoarjo Menang atas Persipa Pati, Peluang PSCS Cilacap Lolos 12 Besar Tipis

"Itu untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki potensi serta kelebihan yang luar biasa, ternyata mereka pandai menari, melukis, membuat kerajinan dan lain-lain. Pokoknya hari nya mereka lah para penyandang disabilitas," lanjutnya.

Selain itu, pada hari kedua akan diadakan talk show dengan sasaran organisasi perempuan, sekolah-sekolah dan stakeholder agar dapat bertukar pikiran bagaimana menghadapi serta memotivasi mereka.

"Dalam talk show tersebut kita akan berikan motivasi kepada para penyandang disabilitas dengan menghadirkan narasumber dari Kementrian, Pengelola SLB serta penyandang disabilitas berprestasi," terangnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat bisa memberikan kesempatan yang sama kepada para disabilitas untuk berkarya, bersosialisasi, mendapat hak untuk pendidikan dan hak untuk bekerja. 

"Jangan menganggap disabilitas itu seperti orang pesakitan yang harus disembunyikan, Intinya kita masyarakat luas agar mendorong mereka untuk dapat berkarya," tutupnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: