Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Harus Bekerja di Depan Komputer

Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Harus Bekerja di Depan Komputer

Tips untuk menjaga kesehatan mata jika sering melihat layar komputer ataupun laptop.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Kini seiring berkembangnya teknologi membuat komputer atau laptop dan juga ponsel menjadi dua benda yang tidak bisa dipisahkan dengan segala aktivitas. Bahkan sekarang banyak pekerjaan yang harus menggunakan laptop atau komputer, bahkan hingga lebih dari 8 jam. 

Secara tidak langsung, hal ini tentu saja bisa membuat mata menjadi lelah bahkan bisa berujung pada kerusakan mata. Ketika sedang melihat layar komputer atau laptop, kedipan mata menjadi berkurang frekuensinya, dimana dalam kondisi normal seharusnya mata melakukan kedipan sebanyak 18 kali per menit.

Saat bekerja menggunakan komputer atau laptop dan ponsel, kedipan mata menjadi berkurang sampai setengahnya, bahkan bisa lebih sedikit dari itu. Kondisi ini tantunya dapat memicu mata menjadi perih, kering, panas, dan juga terasa gatal. 

Itulah mengapa saat lelah menatap layar kamu akan mengucek mata untuk mengurangi lelah meski sesaat. Lalu, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mata meski sering berinteraksi dengan layar komputer ?

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Semakin Parah

BACA JUGA:Cara Mengurangi Mata Panda Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Harus Bekerja di Depan Komputer

1. Setel Ulang Peranti Komputer

Karena kamu sudah tidak bisa menghindar dari layar laptop ataupun komputer, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat alat elektronik yang satu ini menjadi lebih bersahabat dengan melakukan setelan ulang. Kamu harus meletakkan benda ini sejauh 50 sampai 66 cm dari mata dan selalu rutin membersihkan segala debu serta bekas jari yang menempel di layar, karena bisa meningkatkan penggunaan cahaya.

Jika kamu menggunakan komputer pribadi, maka pilihlah layar atau monitor yang mampu berputar atau dimiringkan agar bisa menyesuaikan dengan posisi dudukmu. Pertimbangkan juga untuk menggunakan penyaring cahaya atau filter pada layar.

BACA JUGA:Tips Mengatasi Kantung Mata dengan Bahan Alami

BACA JUGA:Sulit Tidur? Berikut Tips Agar Insomniamu Hilang!

2. Perbarui Pula Lingkungan Tempatmu Bekerja

Tidak hanya pada perangkatnya, lingkungan tempat kamu bekerja juga memerlukan adanya perubahan dan penyesuaian supaya kamu bisa bekerja dengan nyaman dan lebih produktif setiap harinya. Aturlah pencahayaan di ruanga dan dibuat tidak terlalu terang tapi tidak pula minim cahaya, dan juga pilihlah kursi kerja yang bisa diatur tinggi rendahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: