Jelang Libur Nataru 2024, Menhub Prediksi Arus Lalu Lintas Naik 43 Persen dari Tahun Lalu

Jelang Libur Nataru 2024, Menhub Prediksi Arus Lalu Lintas Naik 43 Persen dari Tahun Lalu

Menhub Budi Karya Sumardi memprediksi akan ada sekitar 43 persen atau 107 juta orang akan mudik saat libur Nataru tahun ini.-instagram @astratolcipali-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), banyak masyarakat yang merencanakan untuk mudik dan berwisata ke berbagai tempat bersama keluarga.

Menteri Perhubungan (Menhub) Indonesia, Budi Karya Sumadi merilis perkiraan bahwa sebanyak 107 juta orang di Indonesia, diprediksi akan melakukan perjalanan selama musim libur Nataru tahun ini. 

Proyeksi ini mencerminkan tren tradisional di mana masyarakat Indonesia meningkatkan aktivitas perjalanan selama periode liburan.

"Peningkatan jumlah perjalanan selama Nataru setiap tahunnya menjadi tantangan besar bagi sektor transportasi dan infrastruktur," ujar Budi.

BACA JUGA:10 Kereta Api Favorit untuk Liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Tiket Mulai Dijual 6 Desember!

BACA JUGA:Rekomendasi yang Harus Kamu Lakukan Ketika Liburan Natal

Karena banyaknya masyarakat yang merencanakan bepergian, memprediksi bahwa arus lalu lintas pada libur Nataru tahun ini akan meningkat hingga 43 persen.

Dia mengatakan,jumlah prediksi tersebut berdasarkan hasil riset dari beberapa lembaga survei yang sudah kredibel. 

"Saya ingin menambahkan saja, bahwa riset ini dilakukan oleh Kemenhub dan beberapa lembaga survei yang kredibel sehingga menghasilkan suatu prediksi yang naik sampai 43 persen dari tahun yang lalu, yakni sekitar 107 juta orang akan bepergian," kata Budi di Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin di Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Selain itu, Budi juga memprediksi seluruh arus lalu lintas di berbagai tempat untuk pemudik yang akan berlibur meningkat jadi 45 persen dari tahun lalu.

BACA JUGA:Tangani Lebih Cepat Lakalantas Saat Libur Nataru, Satlantas Polres Purbalingga Bentuk Satgas Quick Response

BACA JUGA:Jelang Libur Nataru 2024, Disporapar Cilacap Target Wisatawan Naik 10 Persen

"Masih ada beberapa data yang mungkin perlu kita amati secara cermat adalah kepergian  pemudik tahun ini untuk liburan Nataru meningkat menjadi 45 persen dibandingkan tahun yang lalu ," ujarnya.

Lebih lanjut, beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami peningkatan pemudik yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali menjadi dua di antaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: