Hama Babi Hutan Masih Hantui Sejumlah Wilayah

Hama Babi Hutan Masih Hantui Sejumlah Wilayah

Mati : Hasil buruan di beberapa lokasi serangan hama babi hutan.-Perbakin Purbalingga untuk Radarmas -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Serangan Celeng atau babi hutan ke kebun warga masih terjadi di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten PURBALINGGA. Sebut saja wilayah Kecamatan Karangreja, Kertanegara, Rembang, Karangmoncol.

"Babi hutan biasanya merusak kebun jagung dan tanaman umbi-umbian. Kami kadang dimintai bantuan untuk memburunya," tutur Ketua Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Purbalingga, Agung Taliroso, Jumat 1 Desember 2023.

Terbaru pada November lalu, di wilayah Gunung Malang. Dalam sekali keberangkatan bisa dapat 5-1 ekor babi hutan. "Lumayan bisa membantu meminimalkan kerusakan tanaman," tambahnya.

Cara kerja anggotanya melakukan penelusuran. Kadang kalau di lain tempat dibantu sekelompok anjing. Lalu setelah lebih dari dua jam, target buruan dapat, langsung eksekusi.

BACA JUGA:Babi Hutan Resahkan Petani Rembang

BACA JUGA:Tiga Jam Buru Kawanan Babi Hutan

"Keselamatan pemburu juga diutamakan. Karenanya, berburu babi hutan harus cermat dan teliti," ungkapnya.

Agenda selanjutnya, di Desa Ponjen, Kertanegara. Sedangkan saat ini masih persiapan dan mengatur teknisi di lapangan. "Sekali terjun berburu, kami membawa 5-7 orang dengan senapan semua," rincinya. (amr)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: