Sering Terjadi Kecelakaan, Kendaraan Umum di Terminal Purbalingga Dicek Satlantas

Sering Terjadi Kecelakaan, Kendaraan Umum di Terminal Purbalingga Dicek Satlantas

Ramp chek yang dilaksanakan di Terminal Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sejumlah kendaraan umum, yang masuk di Terminal PURBALINGGA menjalani ramp check, Senin, 27 November 2023. kendaraan tersebut menjalani pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kendaraan layak jalan atau tidak.

Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Arief Wiranto mengatakan, ramp chek terhadap kendaraan umum, yang masuk Terminal Purbalingga dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Sebab, selama beberapa hari terakhir terjadi sejumlah kecelakaan lalu lintas, yang melibatkan kendaraan umum, baik barang atau penumpang. Kecelakaan yang terjadi mengakibatkan fatalitas dan korban jiwa.

Diantaranya di simpang empat Mewek dan Jalan Raya Bukateja. Kedua kecelakaan tersebut melibatkan bus dan mengakibatkan korban jiwa.

BACA JUGA:Pelanggaran Lalu Lintas di Purbalingga Didominasi Tak Memakai Helm

"Kami mengajak pengemudi untuk tertib berlalu lintas. Sehingga, bisa nengurabhi angka kecelakaan lalu lintas di jalan," katanya.

Dalam ramp chek tersebut, kendaraan yang masuk terminal mulai dari angkotan kota, bus AKDP dan Trans Jateng diperiksa kelekapan berkendara dan surat-suratnya.

Dari hasil pemeriksaan diketahui ada bus AKDP yang menggunakan ban vulkanisir di bagian depan. Hal utu melanggar uji kelaikan. Sebab, ban vulkanksir hanya diperbolehkan digunakan dibagian belakang.

"Ini terkait untuk pengendalian kendaraan jika terjadi sesuatu hal. Ban vulkanisir di bagian depan berbahaya," kata Budi Setiawan, dari Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga.

BACA JUGA:Sambut Arus Mudik, Organda Purbalingga Minta Rambu Lalu Lintas Dibenahi

Sebelum dilaksanakan ramp chek, Satlantas Polres Purbalingga bersama dengan Dinhub, Organda dan Jasa Raharja melaksanakan sosialisasi tertib berlalu lintas.

Kegiatan diikuti oleh sejumlah paguyuban pengemudi kendaraan umum, yang ada di Kabupaten Purbalingga. Kegiatab dilaksanakan di Ruang Tunggu Terminal Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: