Masih Ingatkah dengan Pager ? Alat Komunikasi Sebelum Adanya HP yang Populer di Tahun 90an

Masih Ingatkah dengan Pager ? Alat Komunikasi Sebelum Adanya HP yang Populer di Tahun 90an

Pager atau radio panggil adalah alat komunikasi yang populer pada tahun 90an.-Fahma Ardiana-

Setelah itu operator akan mengulangi pesan yang kamu ucapkan sebelum akhirnya dikirim ke pager tujuan. Seiring berjalannya waktu pager kemudian berkembang dan diminati banyak orang terutama yang membutuhkan informasi cepat. 

Berawal dengan beroperasi pada frekuensi AM, pager lalu akhirnya berganti ke saluran FM sehingga dapat dipakai dimana pun. Bahkan sistem pager atau radio panggil ini juga sempat menjadi layanan telepon lokal dan internasional sebelum adanya telepon seluler. 

Sayangnya, pengiriman pesan melalui pager dapat dengan mudah disadap oleh radio panggil lainnya. Sehingga besar kemungkinan untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak seperti agen kriminal atau hukum.

BACA JUGA:Rekomendasi HP dengan Kualitas Speaker Terbaik 2023

BACA JUGA:Rekomendasi Hp Murah yang Cocok untuk Content Creator

Tipe-tipe Pager atau Radio Panggil

Seiring dengan perkembangannya, pager terbagi menjadi 3 tipe yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Tipe-tipe pager tersebut yaitu :

1. Radio Panggil Numerik

Radio panggil numerik adalah tipe pager yang paling sederhana, dimana di dalam layarnya hanya terdapat urutan angka dan kode-kode untuk melakukan panggilan.

2. Radio Panggil Alphanumerik

Radio panggil alphanumerik tidak hanya dipakai untuk panggilan saja, karena di dalamnya sudah terdapat layanan yang memuat tulisan dan email untuk melakukan pengiriman pesan.

3. Radio Panggil Alphanumerik Dua Arah

Pada radio panggil ini layanan pengiriman pesan sudah menggunakan jaringan satelit, dimana dalam proses pengiriman pesan operator dapat melakukan editing pada setiap pesan yang masuk. Praktisnya, radio panggil yang satu ini dapat mengirimkan pesan hanya dengan menggunakan tombol kecil saja.

BACA JUGA:Kriteria HP Terbaik Untuk Bisnis Online

BACA JUGA:Deretan Tipe HP Samsung yang Dipakai Member BTS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: