Masih Ingatkah dengan Pager ? Alat Komunikasi Sebelum Adanya HP yang Populer di Tahun 90an

Masih Ingatkah dengan Pager ? Alat Komunikasi Sebelum Adanya HP yang Populer di Tahun 90an

Pager atau radio panggil adalah alat komunikasi yang populer pada tahun 90an.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kemudahan dalam berbagi informasi dan melakukan komunikasi jarak jauh memang sudah dapat kalian rasakan saat ini. Berbagai perangkat komunikasi yang ada jaman sekarang sangat canggih dan harganya juga bisa dibilang relatif terjangkau. 

Pernahkah kalian bayangkan bagaimana cara dan alat komunikasi yang ada pada jaman dulu ? Jauh sebelum ada teknologi HP atau smartphone, orang-orang zaman dulu memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Salah satu alat komunikasi yang pernah populer di tahun 90an adalah pager, ada juga yang menyebut pager ini sebagai radio panggil

Buat kalian para generasi millenial apalagi genz pasti bingung kan dengan alat komunikasi yang satu ini bukan ? Untuk tahu informasinya lebih dalam, kalian bisa menyimaknya artikel dibawah ini.

BACA JUGA:Deretan HP Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran !

BACA JUGA:Ulefone Power Armor 18T yang Dinobatkan Jadi HP Terkuat di Dunia

Apa itu Pager ?

Pager atau radio panggil adalah alat komunikasi yang populer di tahun 90-an, dipakai untuk mengirim dan juga menerima pesan pendek. Beberapa orang juga menyebutnya dengan istilah beeper karena suara "bip bip"nya yang khas. 

Pager umumnya memiliki bentuk persegi panjang dan berukuran sangat kecil dan mungil yang membuatnya bisa ditenteng kemana saja. Selain itu juga terdapat layar minimalis yang berfungsi untuk menampilkan pesan. 

Cara kerja dari pager adalah berdasarkan prinsip kode sinyal radio pada frekuensi tertentu yang ditransmisikan melalui suatu provider. Penemuan pager ternyata sudah terjadi sejak tahun 1956 oleh Multitone Electronic. 

Saat itu pager banyak dipakai oleh kalangan dokter di Rumah Sakit St.Thomas yang bertugas dalam kondisi darurat. Sistem pager atau radio panggil ini lambat laun tidak hanya digunakan di area rumah sakit saja melainkan juga menyebar ke seluruh wilayah negara.

BACA JUGA:Rekomendasi HP Terbaik untuk Nonton Konser, Zoom Jauh Tetap Jernih Hingga ke Pori-Pori

BACA JUGA:Handphone Samsung Layar Lipat yang Sering Muncul di Drakor, Bikin Pengin!

Proses pengiriman pesan menggunakan pager bisa dibilang lumayan ribet. Sebelum kamu mengirim pesan, kamu harus terlebih dulu menghubungi operator pager dengan menggunakan telepon rumah. 

Saat terhubung dengan operator, nantinya akan dimintai nomor ID pager yang dituju. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengucapkan pesan yang akan disampaikan pada operator. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: