Persibas Didiskualifikasi dari Liga 3, Perolehan Poin Persibangga Berkurang, Tetap Lolos Juara Grup

Persibas Didiskualifikasi dari Liga 3, Perolehan Poin Persibangga Berkurang, Tetap Lolos Juara Grup

Pertandingan Persibangga melawan Persibas.-PERSIBANGGA UNTUK RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Keputusan Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah nomor 25/KOMDIS PSSUTG/XI/2023, yang menghukum Persibas Banyumas, didiskualifikasi dari Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah tahun 2023. Ternyata berimbas terhadap Persibangga Purbalingga.

Sebab, Komdis memutuskan seluruh poin yang didapatkan Persibangga dari Persibas dihapus. Sehingga, empat poin yang didapatkan dalam dua laga melawan Persibas hilang.

Hal itu tertuang dalam surat Asprov PSSI Jawa Tengah Nomor: 331/PSSI-JTG/XI/2022, terkait pemberitahuan hasil pertandingan Grup E Liga 3 Jawa Tengah 2023 atas putusan Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah.

Surat yang ditandatangani Sekretaris Asprov PSSI Jawa Tengah Purwidyastanto, tertanggal 23 November 2023 itu, menyebutkan berdasar regulasi Liga 3 Jawa Tengah tahun 2023 Pasal 46, terhadap klub yang ditetapkan diskualifikasi.

BACA JUGA:Lolos Babak 12 Besar dan Juara Grup, Persibangga Tetap Lakukan Evaluasi

BACA JUGA:Oknum Suporter Berulah di Laga Kandang, Persibangga Kena Denda Total Rp 25 Juta

Maka seluruh pertandingan yang sudah dijalankan akan dihapus. Diketahui, dari hasil rapat Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah, Persibas didiskualifikasi.

Karena, nasuknya suporter ke lapangan dan terjadinya perusakan fasilitas pertandingan oleh suporter Persibas. Serta penyalaan flare dan petasan yang mengakibatkan pertandingan terhenti.

Selain itu, Persibas juga diberikan sanksi denda Rp 45 juta. Serta hukuman Pertandingan tanpa penonton pada Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah musim berikutnya.

Asisten pelatih Persibangga Faizal Fatron Nazer mengatakan, penghapusan poin dari pertandingan melawan Persibas, membut perolehan poin Bayu Eko dkk berkurang empat poin.

BACA JUGA:Kunci Satu Tiket Lolos Babak 12 Besar, Persibangga Bakal Rotasi Pemain Saat Hadapi Persibas

"Dari dua kali pertandingan melawan Persibas. Persibangga meraih empat poin, dari satu kali kemenangan 1-0 di kandang. Serta satu kali hasil seri 1-1 di kandang Persibas," katanya kepada Radarmas, Jumat, 24 November 2023.

Dia menambahkan, dengan dihapusnya poin dari pertandingan kontra Persibas itu, maka poin Persibangga menjadi tujuh poin. Sebelumnya, Persibangga mengumpulkan 11 poin.

Meski demikian, hal itu tak berpengaruh terhadap status Persibangga lolos ke babak 12 besar dan juara Grup E. "Kami tetap lolos sebagai juara grup," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: