Menilik 8 Penyebab Alis Menipis, Bisa Jadi Karena Kekurangan Nutrisi dalam Tubuh

Menilik 8 Penyebab Alis Menipis, Bisa Jadi Karena Kekurangan Nutrisi dalam Tubuh

Penyebab Alis Menipis-Freepik-

BACA JUGA:Tips Mengatasi Kulit Kepala Anda Sering Berminyak Dan Berketombe

BACA JUGA:Inillah Kesalahan Saat Mandi yang Membuat Kulit Menjadi Kering 

Kondisi ini mungkin mempengaruhi sekitar 20 persen dari total populasi manusia, terutama pada kalangan anak muda.

Meskipun bukan termasuk penyebab umum dari penipisan alis, namun kulit di sekitar alis dapat mengalami gatal dan kemerahan, yang mendorong keinginan untuk menggaruknya. Jika tindakan menggaruk ini dilakukan secara berulang, dapat menyebabkan alis mengalami kerontokan. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit guna mendapatkan saran yang tepat.

7. Hipotiroidisme

Penyebab lain dari penipisan alis dapat terjadi akibat rendahnya produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid, yang bertanggung jawab mengontrol tingkat penggunaan sumber energi dan sintesis protein dalam tubuh Anda. 

Keberadaan hormon tiroid yang terlalu rendah dapat menyebabkan kelelahan, sensitivitas terhadap cuaca dingin, dan peningkatan berat badan. Namun, salah satu penyebab paling umum dari kondisi ini adalah kekurangan yodium dalam tubuh.

BACA JUGA:Yuk, Pahami Inilah Hal yang Bisa Membuat Kulit Berjerawat

BACA JUGA:Rekomendasi Foundation yang Disarankan untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

8. Terlalu Sering Mencabut Alis dengan Pinset

Benar, menggunakan pinset merupakan salah satu metode yang terlihat aman untuk merapikan alis Anda. Dari segi hasil, penggunaan pinset memang dapat memberikan efek yang tahan lama jika dibandingkan dengan mencukur. 

Namun, penting untuk memperhatikan intensitasnya dan menghindari kelebihan, karena tindakan berlebihan ini dapat menjadi penyebab kerontokan. Sebelum mencabut alis menggunakan pinset, penting untuk mempertimbangkan jeda pertumbuhan alis.

Alis memerlukan waktu sekitar enam bulan untuk tumbuh kembali. Selain itu, pastikan untuk membersihkan pinset dengan alkohol sebelum digunakan untuk mencabut alis, hal ini dilakukan agar bakteri tidak menempel pada pinset dan kulit.

Itulah 8 faktor yang menjadi penyebab alis menipis. Oleh karena itu, menjaga asupan nutrisi yang seimbang dan mengadopsi gaya hidup sehat dapat menjadi langkah proaktif untuk mempertahankan kecantikan alis dan memastikan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jangan lupa untuk memberikan perhatian khusus pada nutrisi esensial, dan apabila menghadapi permasalahan serius, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk solusi yang tepat dan personal. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: