Menilik 8 Penyebab Alis Menipis, Bisa Jadi Karena Kekurangan Nutrisi dalam Tubuh

Menilik 8 Penyebab Alis Menipis, Bisa Jadi Karena Kekurangan Nutrisi dalam Tubuh

Penyebab Alis Menipis-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alis, terutama bagi sebagian besar wanita, bukan hanya dianggap sebagai sekadar rambut yang tumbuh di area wajah. Sebaliknya, alis memiliki peran penting dalam meningkatkan penampilan seseorang. 

Banyak yang bahkan rela menjalani berbagai perawatan, termasuk sulam alis, guna mencapai wajah yang lebih berkarisma dan menarik. Namun, seiring berjalannya waktu, alis dapat mengalami masalah seperti rontok dan penipisan. 

Salah satu penyebab alis menipis dapat dikaitkan dengan faktor usia. Proses penuaan dapat mempengaruhi perubahan hormon dalam tubuh, yang sering kali menyebabkan penipisan alis ketika seseorang memasuki usia 30-an.

Selain itu, terdapat berbagai penyebab lain dari penipisan alis yang perlu dipahami. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber mengenai faktor-faktor penyebab alis menipis. Hal ini penting untuk diperhatikan agar penampilan tetap terjaga.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Mudah dan Alami

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Rambut yang Jarang Diketahui Orang

1. Stress

Mengapa stres dapat menjadi penyebab alis menipis? Karena saat mengalami stres, otak seringkali mengirimkan sinyal yang tidak tepat ke tubuh, terutama pada folikel rambut. Fenomena ini menyebabkan kesalahan dalam perintah yang diterima oleh folikel tersebut.

Stres memicu folikel yang seharusnya bertanggung jawab atas pertumbuhan dan penguatan rambut untuk malah mencabut dan merontokkannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika efeknya dapat terlihat dalam bentuk rambut yang rontok pada kulit kepala dan penipisan alis, bahkan dapat menjadi pemicu kebotakan.

2. Kurangnya Nutrisi

Penyebab alis menipis yang kedua mungkin menandakan kekurangan nutrisi. Secara umum, defisiensi nutrisi dapat merugikan pertumbuhan rambut di kulit kepala dan menjadi salah satu penyebab alis yang menipis.

Agar alis dapat tumbuh kembali, diperlukan asupan zat besi dan seng yang berperan dalam memulihkan folikel rambut. Nutrisi ini dapat ditemukan dalam daging tanpa lemak atau lentil.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Inilah 7 Kesalahan Mencuci Rambut yang Masih Sering Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: