Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Cilacap, BPBD Siaga 24 Jam

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Cilacap, BPBD Siaga 24 Jam

Wilayah Kroya saat diguyur hujan.-DOK RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten CILACAP. Untuk itu, UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kroya siaga 24 jam. 

Kepala TU UPT BPBD Kroya, Mijan mengatakan, di wilayah kerjanya terdapat dua kacamatan yang langganan banjir. Yaitu Kecamatan Kroya dan Kecamatan Nusawungu.

"Mengingat keterbatasan personil, kami berupaya melakukan koordinasi dengan para relawan dan perangkat desa. Biasanya jika banjir terjadi bersamaan, maka kita butuh keterlibatan relawan," kata dia. 

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi bencana banjir pihaknya telah meminta warga untuk kerja bakti membersihkan saluran sungai. Hal ini disebabkan banjir di wilayahnya disebabkan oleh sampah kiriman yang menumpuk. 

BACA JUGA:Resmi Jabat PJ Bupati Cilacap, Ini 10 Program Prioritas Awaluddin Muuri

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Lakukan Upaya Tekan Inflansi

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan upaya mitigasi bencana. Apalagi bencana tidak bisa diprediksi dengan cuaca seperti saat ini. 

"Untuk pohon yang sudah keropos yang memudahkan roboh untuk ditebang agar tidak menimpa kita. Yang kita harapkan, masyarakat segera tanggap dan menindaklanjuti untuk segera dirobohkan. Pohon yang berusia di atas 10 tahun harus dirobohkan, dan yang waktunya direboisasi jangan ditanam di dekat rumah karena resiko tumbang," tegasnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: