Cara Aman dan Efektif Meredakan Nyeri Haid

Cara Aman dan Efektif Meredakan Nyeri Haid

Cara Aman dan Efektif Meredakan Nyeri [email protected]

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Rasa sakit kram pada perut selama haid dipengaruhi oleh umumnya dikenal sebagai PMS (Pre-menstrual syndrome).  Nyeri haid juga bervariasi rasa sakitnya  mual dan muntah, perut kembung, pusing, dan nyeri yang menjalar ke seluruh tubuh hingga sulit untuk beraktivitas. 

Kemudian nyeri yang berdenyut atau kram di perut bagian bawah yang bisa menjadi intens serta nyeri yang menjalar ke punggung bawah, paha.  Rasa nyeri haid ini sering tak tertahankan hingga menuntut kamu untuk mencari cara meredakan nyeri haid yang aman dan efektif, seperti berikut ini adalah beberapa cara aman dan efektif untuk meredakan nyeri haid.

1. Kompres Perut dengan Air Hangat

Untuk meredakan nyeri haid yang pertama ini caranya dengan mengisi botol kaca dengan air hangat lalu letakkan di atas perut sebagai kompres. Namun hindari mengompres langsung botol panas ke perut dan gunakan kain untuk melapisi kulit. Ternyata suhu panas dari kompres tersebut dapat membantu melemaskan otot rahim yang kaku dan sehingga rasa sakit pun dapat berkurang.

2. Konsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat dan vitamin dapat membantu kamu untuk meredakan nyeri haid. Kamu juga bisa minum jamu Jamu atau racikan herbal alami yang bisa untuk meredakan nyeri haid.

BACA JUGA:Rentan Terpapar, Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan di Purbalingga Bakal Dapatkan Imuninasi Hepatitis B Gratis

BACA JUGA:Ade Rai Berbagi Tips Hidup Sehat dan Bugar Kepada Pekerja Kilang Pertamina Cilacap

3. Akupuntur

Akupuntur diketahui mampu meredakan kram akibat haid, Namun disarankan untuk melakukan terapi akupuntur secara bertahap kira-kira tujuh sampai 10 hari sebelum jadwal haid.

4. Berhenti Merokok

Merokok juga berpotensi memicu nyeri saat haid karena dapat menyebabkan suplai oksigen ke panggul terbatas, sehingga berpotensi memicu nyeri saat haid. Bukan hanya itu, nikotin yang terkandung di dalam rokok juga bisa menyebabkan haid tidak teratur dan memicu peradangan.

5. Periksa ke Dokter

Disarankan untuk memeriksakannya ke dokter apabila rasa nyeri haid kamu tak kunjung sembuh selama berhari-hari, Setelah konsultasi ke dokter kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat dan dokter dapat memberikan resep obat sesuai kondisi kamu untuk meredakan nyeri haid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: