Hari Kesaktian Pancasila, Insan Pertamina Cilacap Siap Pertahankan dan Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila, Insan Pertamina Cilacap Siap Pertahankan dan Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Pembacaan Ikrar pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di lapangan Head Office (HO) RU IV.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Insan pekerja di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menegaskan, ikrar dan tekad tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Sebab, Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Hal itu terungkap dalam pembacaan Ikrar pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di lapangan Head Office (HO) RU IV, Selasa (1/10/2024).

Upacara dipimpin oleh General Manager (GM) RU IV, Wahyu Sulistyo Wibowo, tim manajemen dan seluruh Perwira Kilang Pertamina Cilacap

Dalam Ikrar yang ditandatangani Ketua DPR RI Puan Maharani, diawali kesadaran terhadap tiga persoalan penting terkait Hari Kesaktian Pancasila.

BACA JUGA:Seorang Sales Alami Pembegalan di Desa Kedawung Kecamatan Kroya, Uang Rp 70 Juta Dibawa Kabur Pelaku

BACA JUGA:Tiga Kecamatan di Kabupaten Cilacap Masih Membutuhkan Air Bersih

Di antaranya kesadaran bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan NKRI 17 Agustus 1945 pada kenyataannya banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri. 

Selanjutnya, rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Serta dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Area Manager Communication, Relations & CSR KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna mengungkapkan, sebagai salah satu penopang kebutuhan BBM nasional hingga, Kilang Cilacap memiliki peran penting dan strategis. 

"Tanggung jawab 34 persen BBM nasional dan 60 persen BBM di Pulau Jawa adalah amanah yang sangat besar dengan kapasitas produksi 348 ribu barrel per hari," ucapnya.

Penyelenggaran upacara Hari Kesaktian Pancasila menjadi komitmen perusahaan dalam merawat nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme seluruh pekerja. 

"Sebagai bagian dari perusahaan kebanggaan bangsa, kami aktif menyelenggarakan upacara pada momen-momen penting nasional," imbuh Cecep. 

Diketahui, KPI RU IV Cilacap menjadi bagian dari PT KPI sebagai anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip Environment, Social and Governance (ESG).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: