Tahun Depan, Puskesmas Pekuncen I dan Kembaran I Bakal Direlokasi

Tahun Depan, Puskesmas Pekuncen I dan Kembaran I  Bakal Direlokasi

Puskesmas Kembaran I menjadi salah satu dari dua puskesmas yang bakal direlokasi tahun depan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tahun depan, dua puskesmas di Kabupaten Banyumas yakni puskesmas Pekuncen I dan Kembaran I bakal direlokasi. Saat ini, kedua puskesmas tersebut berdiri di atas tanah desa.

Subkoordinator Sarana Prasarana dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Banyumas, Sukamto SKM mengatakan, relokasi Puskesmas Pekuncen I dan Kembaran I semua ke tanah milik Pemkab Banyumas. Pemerintah daerah tidak sampai membeli tanah masyarakat untuk merelokasi kedua puskesmas tersebut.

"Puskesmas Pekuncen I termasuk yang urgent (penting). Bersama dengan Cilongok II. Tetapi untuk Cilongok II sementara belum," katanya ditemui Radarmas, Rabu (15/11/2023).

Sukamto menjelaskan, untuk relokasi Puskesmas Kembaran I lokasinya tidak jauh dari Pasar Larangan.

BACA JUGA:Bulog Pastikan Ketersediaan Beras Terpenuhi Hingga Akhir Tahun 2023

BACA JUGA:Kekeringan di Banyumas Diperkirakan Hingga Akhir November, Meski Sudah Mulai Turun Hujan

Sementara untuk Puskesmas I Pekuncen tidak jauh dengan puskemas saat ini. Masih dalam wilayah Desa Banjaranyar. Puskesmas Pekuncen I saat ini dengan letaknya di pinggir jalan nasional dan bangunannya dekat dengan badan jalan, bisa dikatakan tidak layak diihat dari faktor keselamatan pengunjung.

"Di lokasi yang baru, rencana bangunan jauh dari badan jalan. Sehingga lebih aman," terang dia.

Disinggung terkait informasi pemindahan lokasi relokasi Puskesmas Pekuncen I, hal itu tidak benar. Lokasi saat ini untuk luasan sudah memadai untuk dapat dibangun puskesmas baru disana.

"Pekuncen I agak lama relokasi di proses pencarian lokasi tanah untuk puskesmas yang baru," pungkas Sukamto. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: