Dorong Pengembangan Sektor Pariwisata, Desa Klaces, Cilacap Disulap Jadi Kampung Bahari Nusantara

Dorong Pengembangan Sektor Pariwisata, Desa Klaces, Cilacap Disulap Jadi Kampung Bahari Nusantara

Dermaga KBN Desa Klaces Kecamatan Kampunglaut tampak indah dengan cat berwarna-warni untuk menunjang sektor pariwisata.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan keamanan masyarakat pesisir, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) CILACAP mengubah Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten CILACAP, menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Salah satu kampung atau desa di Kecamatan Kampung Laut ini hanya memiliki akses menggunakan transportasi air saja, dan memiliki berbagai potensi termasuk sektor pariwisata dan ketahanan pangannya.

Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno melalui Paspotmar Lanal Cilacap Kapten Laut (P) Agus Arief Wibowo mengatakan, ada lima cluster yang terdapat dalam KBN yaitu cluster pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan keamanan.

"Sektor pendidikan ada rumah pintar, kondisinya kita perbaiki kemudian sektor ekonomi dan kesehatan sudah kita lakukan pembagian sembako serta pemeriksaan kesehatan bagi warga kurang mampu," jelasnya ketika dikonfirmasi, Minggu (5/11/2023).

BACA JUGA:Kasus Kekerasan Anak di Cilacap Capai 108 Kasus

BACA JUGA:Anggota KPU Kabupaten Cilacap Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Ini Komposisinya

Kemudian terkait sektor pariwisata, pihaknya membangun kembali goa Masigit Sela yang terdapat di wilayah perbukitan. Selain itu dermaga dengan tampilan yang menarik dapat menunjang potensi pariwisata. Kemudian untuk sektor keamanan dibangun pos pantau untuk mengawasi lalu lintas kapal 

"Kita bangun kembali gapura Golaa Masigit Sela, gua tersebut pada waktu-waktu tertentu ramai dikunjungi wisatawan atau peziarah dari luar daerah. Selain itu untuk sektor keamanan kita bangun kembali pos pantu serta pengerukan pada jalur masuk ke dermaga," jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Klaces Sugino sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Lanal Cilacap. Kedepan pihaknya akan meneruskan pembangunan dermaga agar tampak lebih indah untuk menunjang sektor wisata serta sektor lainnya.

"Kita ucapkan banyak terima kasih kepada Lanal Cilacap, kita bersama masyarakat sangat menerima dengan apa yang sudah diberikan. Kedepan, kita akan berusaha untuk meneruskan pembangunan area dermaga untuk menunjang sektor-sektor lainnya di Desa Klaces," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: