Angka Kecelakaan di Perlintasan Kereta Masih Tinggi, Hingga Oktober Tercatat Ada 9 Kasus

Angka Kecelakaan di Perlintasan Kereta Masih Tinggi, Hingga Oktober Tercatat Ada 9 Kasus

SOSIALISASI : Sosialisasi di perlintasan sebidang Tanjung, Purwokerto Rabu (25/10).-DAOP 5 UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masih terjadinya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang, salah satunya karena kurangnya kesadaran dan pemahaman seluruh pengguna jalan raya terhadap peraturan keselamatan perjalanan KA di pelintasan sebidang.

Manager Humas Daop 5 PURWOKERTO, Feni Novida Saragih mengatakan, sepanjang tahun 2023 telah terjadi 9 angka kecelakaan.

"Lima kecelakan terjadi di perlintasan resmi dijaga dan 4 kecelakaan diperlintasan resmi tidak dijaga," kata dia.

Ia menambahkan, untuk mengingatkan kepada masyarakat, sepanjang tahun 2023, Daop 5 PURWOKERTO sudah melaksanakan sebanyak 130 kali sosialisasi keselamatan.

BACA JUGA:Diduga Depresi, Seorang Pria warga Kesugihan Kidul Meninggal Tertabrak Kereta Api

BACA JUGA:Seorang Wanita Asal Kesugihan Kidul Meninggal Dunia tertabrak Kereta Api

Dia menambahkan, wilayah Daop 5 Purwokerto berdasarkan data per bulan Oktober 2023 terdapat total 228 perlintasan sebidang baik dijaga maupun tidak dijaga.

Sebanyak 23 perlintasan dijaga oleh pekerja dari Unit Jalan Rel dan Jembatan, 37 perlintasan oleh pekerja dari Unit Operasi, 39 perlintasan oleh warga/swakelola dan 56 perlintasan dijaga oleh petugas eksternal dari Pemda/Dishub serta 39 titik tidak terjaga dan sebanyak 34 perlintasan telah ditutup.

Dia menambahkan, generasi muda menjadi salah satu fokus KAI Daop 5 Purwokerto karena acapkali terjadinya kecelakaan lalulintas terutama di perlintasan.

Maka dari itu, Daop 5 Purwokerto menyelenggarakan sosialisasi keselamatan dan keamanan perjalanan KA serentak di 28 sekolah yang terletak di sepanjang jalur KA di wilayah Daop 5 Purwokerto. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: