Intip 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di Gadget Anda, Mudah Sekali!

Intip 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di Gadget Anda, Mudah Sekali!

Intip 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di Gadget Anda-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Memahami cara mengatasi masalah memori penuh di perangkat seluler merupakan hal yang sangat penting. Alasannya, terkadang memori internal smartphone bisa penuh, bahkan jika kamu jarang menginstal aplikasi atau mengambil banyak foto atau video.

Penyebab dari masalah memori internal yang penuh sangatlah beragam, bisa jadi disebabkan karena banyaknya dokumen atau aplikasi, atau mungkin disebabkan oleh serangan virus. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana mengatasi masalah penyimpanan yang penuh ini.

Tetapi jangan khawatir, karena kami akan memberikan tips dan metode untuk mengatasi masalah memori penuh ini, sehingga kamu dapat menghindari kinerja perangkat yang lambat. Berikut 5 cara yang terbukti ampuh untuk mengatasi memori penuh

1. Nonaktifkan Opsi Update di Play Store

Untuk pengguna ponsel Android, Google Play Store menyediakan fitur pembaruan APK otomatis. Fitur ini biasanya digunakan agar kita tidak perlu membuka Google Play Store secara manual untuk memperbarui aplikasi.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP RAM 12B, Fitur Hebat Kinerja Cepat!

BACA JUGA:4 Rekomendasi HP RAM 8 GB Dibawah 3 Juta ! 2023

Namun, kehadiran fitur ini juga bisa menjadi bumerang, terutama ketika memori ponsel penuh. Jadi, untuk mengatasi memori penuh sebaiknya matikan fitur pembaruan otomatis untuk mengatasi masalah memori penuh. Dengan begitu, kamu bisa mengendalikan kapan ingin melakukan pembaruan.

2. Uninstall Game atau Aplikasi yang Tidak Perlu

Bagaimana cara mengatasi memori penuh jika kamu sudah menginstal banyak aplikasi atau game dengan ukuran data yang besar? Jika demikian, maka kamu hanya perlu menghapus aplikasi atau game yang dianggap tidak perlu.

Cara ini sebenarnya adalah kebiasaan yang hampir semua pengguna ponsel memiliki. Karena memori ponsel terasa masih lapang, kita cenderung menginstal banyak aplikasi. Namun, pada akhirnya, banyak di antaranya hanya berfungsi sebagai hiasan daripada benar-benar digunakan.

3. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi di ponsel untuk mempercepat akses ke informasi yang sering digunakan. Cache mencakup berbagai jenis data, seperti gambar, file sementara, log, dan informasi lainnya yang membantu aplikasi berjalan lebih lancar. 

BACA JUGA:Ini Sob!, Kamera Full Frame Terbaik untuk Pemula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: