Intip 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di Gadget Anda, Mudah Sekali!

Intip 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di Gadget Anda, Mudah Sekali!

Intip 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di Gadget Anda-Freepik-

BACA JUGA:Smartphone Murah dengan RAM Besar Tahun 2022

Namun, seiring berjalannya waktu, cache ini bisa menumpuk dan memakan ruang yang berharga di memori ponselmu. Untuk itu, membersihkan chace merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori penuh di ponselmu. 

Caranya pun sangat mudah, yaitu sebagai berikut. 

  1. Buka "Pengaturan" di ponsel.
  2. Pilih "Penyimpanan" atau "Storage".
  3. Pilih "Cache data" atau "Data cache" di bawah "Cached data".
  4. Konfirmasikan penghapusan cache.

4. Bijak dalam Menginstal Aplikasi

Salah satu cara untuk mengatasi memori penuh adalah dengan lebih bijak dalam menginstal aplikasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab utama masalah memori penuh di ponsel adalah ukuran file aplikasi yang terlalu besar. Terutama jika kita berbicara tentang game-game berat seperti Genshin Impact yang saat ini membutuhkan sekitar 17GB ruang penyimpanan.

Tentu, sulit untuk menahan diri dari menginstal game, terutama jika kamu seorang penggemar game. Namun, kamu bisa lebih selektif dalam memilih game yang akan diinstal.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hp Gaming 2023, Untuk Memulai Karir Pro Player

BACA JUGA:Deretan HP Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran !

Pastikan kamu benar-benar tertarik untuk memainkan game tersebut, dan pertimbangkan apakah game tersebut benar-benar sesuai dengan preferensimu. Pelru diingat, selain potensi penggunaan ruang penyimpanan yang besar, menginstal game berat juga dapat menghabiskan kuota internetmu. 

5. Manfaatkan Aplikasi Pembersih dan Antivirus

Selain melakukan pembersihan secara manual, dalam rangka mengatasi memori penuh kamu juga memiliki opsi untuk membersihkan cache dan berkas sampah pada ponsel secara otomatis dengan menggunakan aplikasi pembersih atau antivirus.

Tidak hanya membersihkan sampah, beberapa aplikasi pembersih juga memiliki fitur lain yang berguna, seperti membersihkan RAM ponsel untuk meningkatkan kinerja multitasking.Sebagai rekomendasi, kamu bisa menginstal aplikasi pembersih seperti CCleaner for Android. 

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori penuh. Ingatlah bahwa mengatur penyimpanan ponsel adalah langkah yang bijak untuk menjaga kinerja yang optimal. Jadi, jangan biarkan masalah memori penuh menghambatmu dalam menjalani aktivitas sehari-hari ya! (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: