Sejarah Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo Sudah Ada Sejak 1960

Sejarah Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo Sudah Ada Sejak 1960

Sejarah Mie Ongklok-Energi Bangsa-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Wonosobo sebagai kota yang mencakup kawasan Dieng tentu memiliki berbagai cerita menarik di baliknya. Tak terkecuali mie ongklok yang selalu jadi buruan bagi para wisatawan. Menariknya, sejarah mie ongklok rupanya sudah cukup lama.

Jika kalian berwisata ke Wonosobo atau lebih spesifiknya ke kawasan Dieng tentu akan melihat warung mie ongklok berjejer amat banyak di sepanjang ruas jalan.

Lantas, bagaimana sejarah mie ongklok? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Buntil Ibu Kasmini, Kuliner Legendaris Purbalingga dari Setengah Abad Lebih

BACA JUGA:Resep Kuliner Sate Bebek Khas Tambak Banyumas, Bisa Kalian Coba Sendiri di Rumah!

Sejarah Mie Ongklok

Berdasarkan cerita  dari masyarakat yang turun temurun. Sejarah mie ongklok sudah ada sejak tahun 1960-an. Kuliner khas Wonosobo ini pertama kali diracik oleh juru masak warung bakmi bernama Pak Muhadi.

Saat ini, Pak Muhadi berkeinginan untuk membuka usaha bakminya secara berdikari. Dengan berbagai spekulasi terciptalah masakan yang bernama mie ongklok.

Bahan untuk membuat mie ongklok yang dibuat oleh Pak Muhadi sangat sederhana. Yakni mie kuning, potongan kol, dan irisan daun kucai. Demi menambah cita rasanya, Pak Muhadi menyampur dengan kanji, ebi, dan gula jawa.

Perpaduan bahan tambahan tersebut menjadi bumbu racikan mie ongklok yang tidak ditemui pada kuliner mie lainnya. Nama ongklok mengambil dari nama alat masaknya yang bernama ongklok.

BACA JUGA:3 Kuliner Legendaris Dekat Alun-Alun Purwokerto, Wajib Dicicipi!

BACA JUGA:Sejarah Gang Mayong, Pusat Kuliner Legendaris Purbalingga!

Ongklok merupakan alat memasak semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie. Alat yang cenderung tradisional tersebut menambah kearifan lokal yang tersirat dalam cita rasa mie ongklok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: