Korban Kecelakaan Lalu lintas di Makassar Diberdayakan

Korban Kecelakaan Lalu lintas di Makassar Diberdayakan

MAKASSAR, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jasa Raharja telah menjalin kerjasama dengan Berdaya Bareng, sebuah organisasi yang fokus pada layanan dan dukungan untuk penyandang cacat di Makassar, untuk mengimplementasikan program "Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja." Serangkaian kegiatan ini akan berlangsung mulai Oktober hingga Desember 2023, dengan acara kick-off yang diselenggarakan di Max One Hotel, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada tanggal 15-17 Oktober 2023.

Dalam kerangka program ini, Jasa Raharja dan Berdaya Bareng telah merencanakan sejumlah kegiatan yang melibatkan pendampingan terhadap korban kecelakaan lalu lintas, pelatihan tentang berkendara aman untuk keluarga korban, dan pelatihan yang berfokus pada penerima manfaat untuk meningkatkan literasi digital dan kewirausahaan.

M. Iqbal Hasanuddin, Kepala Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, menjelaskan bahwa program ini mendapatkan dukungan dari Korlantas Polri dan Polda Sulawesi Selatan dan ditujukan untuk 100 penerima manfaat dengan latar belakang yang beragam.

BACA JUGA:Cincin Sulit Dilepas, Warga Kesugihan Datangi Damkar Cilacap

BACA JUGA:Masa Jabatan Pj Bupati Cilacap Bakal Berakhir November 2023

Mereka termasuk korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas), pasangan korban laka lantas, anak korban laka lantas, pekerja yang rentan terhadap laka lantas, serta anak-anak dari pekerja yang berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas. Tujuannya adalah mendorong perilaku berkendara yang bertanggung jawab dan menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman.

Selama program berlangsung, para penerima manfaat akan menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan mental, pelatihan safety riding untuk praktik berkendara yang aman, sosialisasi tentang pentingnya penggunaan perlengkapan pelindung saat berkendara, serta pemahaman tentang patuh terhadap peraturan lalu lintas.

Selain itu, Jasa Raharja juga menyelenggarakan workshop digital bagi korban dan anak korban laka lantas. Workshop ini mencakup peningkatan literasi digital, menciptakan peluang pekerjaan digital, serta kewirausahaan yang membantu perempuan atau pasangan korban laka lantas yang ingin mengembangkan kemampuan usaha mereka.

BACA JUGA:Membanggakan, Empat Atlet Paragames Cilacap Ikut Asian Paragames ke IV di China

BACA JUGA:Wilayah Kota Cilacap Minim Jembatan Darurat untuk Evakuasi Bencana Alam, Ini Langkah BPBD Cilacap

Program "Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja" bertujuan pertama, membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang terdampak oleh kecelakaan lalu lintas sebagai upaya penanggulangan kemiskinan. Kedua, memastikan kesehatan fisik dan mental individu yang mengalami trauma kecelakaan lalu lintas. Ketiga, memberikan pendidikan kepada 200 pemuda, perempuan, dan anak yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Keempat, memberikan akses kepada mereka untuk memperoleh pekerjaan yang layak, terutama bagi disabilitas, dan mendorong tumbuhnya jiwa kewirausahaan sehingga dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi. Kelima, meningkatkan kualitas hidup bagi anak-anak dan perempuan serta meningkatkan produktivitas tenaga kerja di daerah perkotaan.

Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Munadi, menjelaskan bahwa program "Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja" dipicu oleh meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas selama tiga tahun berturut-turut di Indonesia. Kecelakaan ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kesalahan manusia, kondisi kendaraan, dan infrastruktur. Kecelakaan lalu lintas juga berdampak pada disabilitas dan trauma psikologis bagi korban dan keluarganya. Dengan program ini, Munadi berharap bahwa semua lapisan masyarakat, terutama keluarga korban kecelakaan lalu lintas di Makassar, dapat bertahan dan berkembang. Program ini diharapkan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk membangun masa depan yang lebih cerah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: