Lakukan 5 Kebiasaan Harian Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda!

Lakukan 5 Kebiasaan Harian Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda!

5 Kebiasaan Menjaga Kesehatan Mental -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, kita tidak boleh hanya berfokus pada kesehatan fisik. Menjaga kesehatan mental juga memiliki peran penting dalam kehidupan kita karena bisa memengaruhi cara kita mengelola emosi dan menghadapi tantangan sehari-hari.

Terdapat beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan guna meningkatkan kualitas kesehatan mental, sehingga akan memberikan dampak positif pada semua aspek kehidupan. Dengan menjaga kesehatan mental, kita dapat merasakan perubahan suasana hati yang lebih positif, membangun ketahanan terhadap stres, dan merasakan kebahagiaan yang lebih dalam.

Bagi kamu yang mungkin sering merasa stress atau menghadapi kecemasan, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan mentalmu.

1. Berfokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Fokus pada tujuan bisa membantu kita melepaskan emosi negatif yang berasal dari pengalaman masa lalu yang membebani. Dalam rangka menjaga kesehatan mental, cobalah untuk membawa kesadaran bahkan pada tindakan sehari-hari sederhana, seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. 

BACA JUGA:Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental!

BACA JUGA:7 Faktor Yang Membuat Gen Z Rentan Terkena Penyakit Mental

Memberikan perhatian penuh pada sensasi fisik, suara, aroma, atau rasa dari pengalaman tersebut dapat membantu kita menjaga fokus. Saat pikiran kita melayang atau terlalu banyak berpikir, kita dapat mengembalikannya pada apa yang sedang kita lakukan saat ini.

2. Mencatat Hal-Hal yang Kita Syukuri

Tanpa disadari, rasa syukur memiliki hubungan erat dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, dan kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur adalah dengan membuat jurnal dan mencatat hal-hal yang patut disyukuri setiap hari. Merenungkan rasa syukur juga efektif, tetapi hal tersebut harus dilakukan secara rutin agar bisa menjaga kesehatan mental. 

3. Berbicara dengan Diri Sendiri dengan Kata-kata Positif

Penelitian telah menunjukkan bahwa cara kita berbicara pada diri sendiri memiliki dampak yang kuat pada kesejahteraan kita. Saat kita menghadapi diri dan hidup dengan pandangan negatif, perasaan negatif juga akan mengikuti. Namun sebaliknya, jika kita mengubah kebiasaan untuk menggunakan bahasa yang lebih positif akan meningkatkan optimisme kita. Sehingga, penting untuk selalu mengucapkan afirmasi atau hal positif kepada diri sendiri untuk tetap menjaga kesehatan mental kita. 

4. Mengonsumsi Makanan yang Lezat dan Sehat

Selain memberikan nutrisi yang penting bagi tubuh, makanan yang lezat dan sehat juga berdampak positif pada kesehatan otak. Karbohidrat dalam jumlah sedang dapat meningkatkan produksi serotonin, zat kimia yang mempengaruhi suasana hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: