Masuk 45 Besar Lomba Desa Wisata Kemendes, Pancasan Tunggu Penetapan 15 Besar

Masuk 45 Besar Lomba Desa Wisata Kemendes, Pancasan Tunggu Penetapan 15 Besar

Masuk 45 besar kategori desa maju atau mandiri Lomba Desa Wisata Kemendes, tiga hari ke depan Pancasan menunggu pengumuman 15 besar. (Yudha Iman Primadi/Radarmas)--

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Desa Pancasan menjadi wakil Kecamatan Ajibarang untuk maju pada Lomba Desa Wisata Nusantara tahun ini. Bersama tiga desa lainnya se Banyumas, Desa Pancasan masih menunggu pengumuman 15 besar pada 20 Oktober mendatang.

Ketua BUMDes Banyu Makmur Desa Pancasan, Nugroho Agung mengatakan kategori desa pada Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 dibagi menjadi dua kategori yang didasarkan pada status desa dalam Indeks Desa Membangun (IDM). Untuk Desa Pancasan sendiri masuk pada kategori II atau desa dengan status maju atau mandiri. 

"Sejak pendaftaran peserta sampai akhir bulan lalu, persiapan kami hanya dua minggu," katanya ditemui Radarmas, Selasa (17/10).

Agung menjelaskan keikutsertaan Desa Pancasan dalam Lomba Desa Wisata yang digelar oleh Kementerian Desa berkat dorongan dan dukungan penuh dari Kecamatan Ajibarang. Sebagai salah satu desa dengan destinasi wisata yang dikelola oleh BUMdes diantaranya Taman Tirta Alami dan Kali Pagak, Pancasan dipercaya maju menjadi perwakilan dari Kecamatan Ajibarang.

BACA JUGA:Kampanye Tiap Calon Kades Tunjung Disepakati Hanya Satu Hari

BACA JUGA:Gelapkan Uang Perusahaan Ratusan Juta, Kasir SPBU di Sokaraja Banyumas Diamankan Polisi

Sepengetahuannya ada tiga desa lainnya dari Kabupaten Banyumas yang juga lolos 45 besar dari Kecamatan Cilongok, Karanglewas dan Kedungbanteng.

"Presentasi peserta dilakukan secara daring sampai Rabu (18/10)," terang dia.

Adapun Desa Wisata Pancasan telah memiliki Surat Keputusan (SK) kepal desa dan Peraturan Desa tentang BUMDes atau BUMDes Bersama. Desa Pancasan juga belum pernah menjadi pemenang event penghargaan sejenis pada tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian maupun lembaga pemerintah lain dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

"Presentasi sudah tinggal menunggu penetapan 15 besar. Yang menantang untuk 15 desa yang masuk 15 besar, dari tim Kemendes langsung turun melakukan verifikasi lapangam tanpa pemberitahuan sampai bulan depan," pungkas Nugroho. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: