Kembangkan Potensi Somagede, Pemberdayaan Masyarakat Lewat Kemitraan

Kembangkan Potensi Somagede, Pemberdayaan Masyarakat Lewat Kemitraan

Camping ground Pring Amba merupakan salah satu potensi unggulan wisata Desa Kemawi yang sedang dikembangkan di Somagede. Pemerintah Kecamatan Somagede menggelar Forum Konsultasi Publik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kemitraan, Kamis (6/6) di Aula Bumired-Titi untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kecamatan Somagede menggelar Forum Konsultasi Publik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kemitraan, Kamis (6/6) di Aula Bumiredjo. Guna mengembangkan potensi wirausaha berkesinambungan bersama mitra yang bersinergi.

Kepala Bidang Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Banyumas Ahmad Saefudin menyampaikan Somagede perlu bereksplorasi dengan semua potensi yang dimiliki yang tersebar di desa-desa.

"Ciptakan produk yang mempunyai ciri khas sendiri, sehingga orang bisa rindu ke Somagede," jelas Ahmad Saefudin didampingi Sekretaris Camat Somagede Titi Cahyani.

Dalam kesempatan tersebut, sekaligus dilakukan identifikasi dan rencana aksi potensi usaha yang ada di Somagede. Tindak lanjut mencari solusi, mendapatkan mitra untuk mengembangkan potensi wirausaha.

Terindentifikasi dari peserta forum konsultasi publik antara lain pengembangan usaha wisata. Antara lain camping ground, curug, festival janur, seni budaya, embung, panembahan. 

Selain itu, pengembangan potensi produk baik perseorangan maupun yang dikelola BUMDes. Misalnya, PAMSIMAS dan galon isi ulang, souvenir, sirup pala dan aneka kuliner, lokasi pemasaran lokal.

"Somagede potensinya luar biasa. Kita perlu kebersamaan, tidak boleh ego sektoral, apalagi menonjolkan personal. Kalau kita ada potensi lokal, mengapa mencari yang lain," tegas Ahmad Saefudin.

Forum konsultasi publik merupakan kegiatan terintegrasi Seksi Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat. Acara dihadiri perwakilan BUMDes, BUMDesma, Pendamping Desa, Pendamping PKH, TKSK, Karang Taruna, pengelola rumah makan Omah Wied. (fij/Ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: