Hasil Produksi Perkebunan Lada di Purbalingga Masih Rendah

Hasil Produksi Perkebunan Lada di Purbalingga Masih Rendah

Kunjungan delegasi IPC di Desa Kedarpan, Kecamatan kejobong.-DOK ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Produktifitas perkebunan lada di Kabupaten PURBALINGGA dinilai masih rendah. Yakni, baru sekira 0,38 ton per hektar.

Hal itu diungkapkan oleh delegasi International Pepper Community (IPC), saat mengunjungi perkebunan lada di Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, pekan lalu.

Kepala Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga Mukodam kepada Radarmas, Sabtu, 14 Oktober 2023.

BACA JUGA:Lahan Tebu di Kampung Laut, Cilacap Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

"Rata-rata produksi lada secara nasional baru 0,7 ton per hektar. Begitu juga di Purbalingga yang masih 0,38 ton per hektar. Padahal di India bisa mencapai 1,5 hingga 2 ton per hektar. Jadi prduktifitasnya masih rendah," jelas pria, yang juga Plt Asisten 2 Sekda Purbalingga ini.

Dia menjelaskan, masih rendahnya produktifitas tersebut, karena pola budidaya petani lada kita yang belum mono kultur. 

Namun, masih tumpang sari atau poly culture, sehingga nutrisi dari pupuk yang disediakan menjadi rebutan dengan tanaman lain 

BACA JUGA:Jajaran Panwaslu Kecamatan Dilarang Ikut Menurunkan APS, Saat Penertiban

"Serta pemeliharaan tanaman lada masih kurang optimal, yakni di sekitar tanaman lada masih banyak gulma. Serta, tanah dinilai terlalu kering, karena musim kemarau," lanjutnya.

Dia menambahkan, agar produktifitas meningkat, saran dari delegasi, agar pola budidaya diubah menjadi mono kulture. Serta, dengan tegakan rambatan dari tiang beton dan pemeliharaan tanaman lebih intensif.

Diketahui, lima negara anggota IPC, yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, Srilangka dan India mengunjungi perkebunan lada di Desa Kedarpan.

BACA JUGA:Minim SDM, Rumah Singgah Pemkab Purbalingga Belum Bisa Jadi UPT

Mukodam juga mengungkapkan, kedatangan rombongan IPC di perkebunan lada, disambut kelompok tani desa setempat. Mereka diajak berkeliling ke kebun lada yang ada di sekitar Desa Kedarpan

Selain perkebunan lada, peserta juga diajak mengunjungi pusat pembenihan dan penyimpanan lada di Desa Kedarpan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: