Cilacap Akan Kembangkan Motif Batik

Cilacap Akan Kembangkan Motif Batik

Pemenang lomba motif batik Cilacap.-Romi untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Peken Banyumasan Tjilatjap Edition Tjakrawerdana IV kembali digelar. Dalam kegiatan ini sebanyak 104 desain batik CILACAP dilombakan. Dari jumlah tersebut terpilih 10 besar terbaik. 

Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap, Paiman mengatakan, desain batik tersebut dinilai berdasarkan hasil paparan, filosofi dan originalitasnya.

"Motif batik dengan tema Abirama Wijayakusuma karya Ika Susanti meraih juara 1. Di peringkat 2 ada Motif batik bertemakan Batik Cumi Pesisir karya Eka Setiawan. Kemudian batik bertema Peksi Wijayakusuma karya Nur Halimah," katanya.

Menurutnya, motif desain batik tersebut akan dijadikan ikon Cilacap. Bahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk mengembangkan motif batik tersebut. 

BACA JUGA:PSCS Cilacap Berada di Dasar Klasemen, Presiden PSCS Cilacap : Optimis Bangkit

BACA JUGA:Berkas Perkara Kasus Perundungan di Cimanggu, Cilacap Selesai Minggu Ini

"Saat ini teman-teman industri batik sedang pasang surut karena banyak pesaingnya. Jadi kami akan mendukung untuk mengembangkan motif batik tersebut," ujarnya.

Paiman mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan Peken Banyumasan yang diinisiasi oleh pemuda Cilacap. Pemerintah Kabupaten Cilacap akan mensupport kegiatan tersebut.

"Ini merupakan dobrakan, dengan mempromosikan Cilacap oleh teman-teman kreator muda kita. Memang dari diskusi kita dari awal bagaimana membangun kreativitas Cilacap melalui kegiatan ini," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: