206 Siswa MAN 2 Banyumas Kunjungan Industri ke Lima Perusahaan di Semarang

206 Siswa MAN 2 Banyumas Kunjungan Industri ke Lima Perusahaan di Semarang

Dalam sehari pada Selasa (3/10/2023), siswa-siswi MAN 2 Banyumas berkeliling ke lima perusahaan di Semarang terkait kegiatan kunjungan industri.-Humas MAN 2 Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - MAN 2 Banyumas Program Keterampilan Vocational Life Skill menyelenggarakan kegiatan kunjungan industri tahun pelajaran 2023/2024 ke lima perusahaan terkemuka di Kota Semarang dan sekitarnya.

Kepala MAN 2 Banyumas H Muhamad Siswanto MPdI turut mendampingi kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (3/10/2023). Saat berkunjung ke PT Karyadeka Alam Lestari, Siswanto dan peserta berkesempatan menikmanti indahnya pemandangan perumahan yang terletak di Ruko Emerald Green Blok A21-22 BSB City Jalan RM Hadi Soebeno Sosrowardoyo, Semarang.

Masuk dalam acara presentasi, Asisten Manajer Penjualan Hasan dan tim teknis penjualan property dari BSB Village Raihan menjelaskan, bagaimana mengawali dan menyelesaikan bentuk desain rumah siap pakai dilanjutkan dengan penjelasan oleh pimpinan proyek BSB City, Suwondo.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Banyumas H Muhamad Siswanto memberi motivasi pada siswa siswi peserta kunjungan dari program keahlian DIPF, TITL, TPTU, AKL dan TKJ untuk belajar lebih giat, usai melihat secara langsung penjelasan pimpinan perusahaan dan produk perusahan.

BACA JUGA:993 Petugas Bakal Data Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Banyumas

BACA JUGA:Mulai Sasar Sekolah, Target Aktivasi Tarif Khusus Trans Banyumas Capai 3.000 Pelajar dan Mahasiswa

"Jika malas saat belajar mungkin resikonya dimarahi guru saja. Tetapi jika sampai malas bekerja maka resiko justru ada di pihak perusahaan yang mengakibatkan penurunan produksi atau bahkan kehilangan konsumen," katanya.

Siswanto juga mengucapkan terima kasih pada jajaran pimpinan BSB City Village atas arahan dan bimbingan kepada peserta kunjungan. Sebagai salah satu proyek property city terbesar di Indonesia, arahan dan bimbingan kepada peserta kunjungan telah sesuai dengan amanat dalam Kurikulum Merdeka yang bernama kegiatan pembelajaran kolaboratif atau collaborative learning.

"Pembelajaran kolaboratif dibuat untuk pembelajaran yang sampai tuntas," terang dia.

Ditegaskan, sebuah pembelajaran tidak berhenti hanya sampai siswa mengerti dan memahami tujuan dan materi pembelajaran di kelas. Pada saat kunjungan industri, siswa program keahlian DIPF, TITL, TPTU, AKL dan TKJ dapat belajar berpasangan dengan pekerja profesional di bidangnya dengan hasil produk yang jelas.

"Dengan begitu, peluang menuju keberhasilan pembelajaran siswa semakin tampak nyata," ungkap Siswanto.

Selanjutnya dalam perjalanan menuju Hotel IBIS, Siswanto menyaksikan langsung bagaimana peserta kunjungan industri yang sedang melaksanakan praktik kerja di lapangan dengan bimbingan langsung General Manager Hotel IBIS, Tussi Iswandani. Di tempat tersebut, Siswanto kembali memotivasi siswa agar belajar sungguh-sungguh sehingga nantinya benar-benar siap terjun di dunia kerja sesungguhnya.

Acara dilanjutkan dengan serah terima cendera mata dan penandatangan MoU oleh Kepala MAN 2 Banyumas dengan General Manager Hotel IBIS.

Disamping melaksanakan kunjungan industri, menyusun MoU dengan perusahaan-perusahaan yang dikunjungi berkaitan dengan kesempatan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan pengakuan lulusan MAN 2 Banyumas untuk bekerja di tempat-tempat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: