APBD Perubahan Belum Ditetapkan, Pengalokasian Anggaran Beberapa Item Kegiatan di Wangon, banyumas, Tertunda

APBD Perubahan Belum Ditetapkan, Pengalokasian Anggaran Beberapa Item Kegiatan di Wangon, banyumas, Tertunda

Belum ditetapkannya APBD perubahan Banyumas berimbas pada tertundanya pengalokasian anggaran beberapa kegiatan di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, seperti menutup kekurangan anggaran pitulasan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) BANYUMAS menginformasikan sampai pekan ini untuk APBD perubahan belum ditetapkan. Imbasnya di Kecamatan Wangon, Kabupaten BANYUMAS, pengalokasian anggaran untuk beberapa item masih tertunda.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Banyumas, Sugeng Wahyudi mengatakan, saat ini APBD perubahan Kabupaten Banyumas tahun 2023 belum ditetapkan dan masih dalam evaluasi Pemerintah Provinsi Jateng.

Karena belum ditetapkan maka juga belum ada uangnya. Kondisi tersebut disampaikan Sugeng dalam pembubaran panitia HUT RI ke-78 tingkat Kecamatan Wangon pekan ini terkait kapasitas dirinya sebagai Camat Wangon yang lama.

"Mungkin sekitar awal atau pertengahan Oktober," katanya.

BACA JUGA:Tahun Depan, Pemkab Banyumas Usulkan Anggaran Pitulasan di Kecamatan

BACA JUGA:Kekeringan, Pj Bupati Banyumas: Cepat Respon Kirim Air

Sugeng memastikan, dari panitia HUT RI ke-78 tingkat Kecamatan Wangon telah menyusun laporan anggaran pitulasan secara lengkap baik dari jumlah penerimaan hingga pengeluarannya. Dari laporan, anggaran pitulasan minus Rp 36 juta untuk beberapa item kegiatan.

Artinya antara pemasukan yang diterima oleh panitia dengan belanja yang dikeluarkan untuk kegiatan pitulasan tingkat Kecamatan Wangon lebih banyak pengeluaran meski sementara minus anggaran masih mampu ditalangi. 

"Jadi masih ada beberapa item kegiatan yang belum dialokasikan anggarannya karena posisi minusnya," terangnya.

Adapun solusi yang diupayakan Kecamatan Wangon terkait minusnya anggaran HUT RI Ke-78 tingkat kecamatan dengan tidak mencari sumbangan melainkan dengan melakukan pendekatan kepada tim anggaran Pemkab Banyumas.

"Insya Allah nanti kekurangan akan ditutup oleh APBD Pemkab Banyumas. Angkanya sudah masuk ke Kecamatan Wangon," pungkas Sugeng. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: