Tahun Depan, Pemkab Banyumas Usulkan Anggaran Pitulasan di Kecamatan

Tahun Depan, Pemkab Banyumas Usulkan Anggaran Pitulasan di Kecamatan

Di Banyumas, gerak jalan menjadi salah satu agenda meramaikan pitulasan tingkat kecamatan. Tahun depan untuk anggaran pitulasan diusulkan oleh pemerintah daerah di kecamatan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) BANYUMAS mengusulkan memberikan anggaran perayaaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI atau Pitulasan di kecamatan

Salah satu pertimbangan diusulkannya anggaran perayaaan pitulasan di kecamatan, yaitu mencegah munculnya peluang pungutan liar (Pungli) saat perayaan pitulasan. Yang terdekat pada wilayah Kecamatan Wangon muncul dugaan pungutan liar (liar) pitulasan di Desa Banteran. 

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Banyumas Sugeng Wahyudi SPt MT mengatakan, untuk anggaran pitulasan di kecamatan baru sebatas usulan. Pihaknya belum dapat memastikan realisasi dari usulan tersebut apakah masuk dalam APBD tahun 2024 atau tidak.

"Pemerintah daerah mengusulkan anggaran Agustusan di kecamatan tahun 2024. Tetapi ini baru sebatas usulan. Belum bisa menjamin," kata mantan Camat Wangon tersebut.

BACA JUGA:Jalan Kaki Kirab Jamasan Pusaka di Tanggeran Banyumas

BACA JUGA:Kali Pagak, Objek Wisata Baru di Desa Pancasan, Ajibarang, Banyumas

Sugeng menjelaskan, meski baru sebatas usulan, artinya sudah ada langkah maju dibandingkan tahun sebelumnya yang sama sekali tidak ada usulan tersebut. Sementara tahun ini, sudah ada wacana agar ada anggaran Agustusan di kecamatan pada APBD Kabupaten Banyumas tahun 2024.

"Sudah ada kemajuan tetapi belum bisa dipastikan," terang dia.

Dilanjutkan, di Kecamatan Wangon pada Jumat (29/9/2023) dilaksanakan pembubaran panitia HUT RI ke-78. Meski sudah berpindah tugas sebagai Sekretaris BKAD Banyumas per 22 September lalu, dirinya bersama Sekretaris Kecamatan Wangon selaku ketua panitia pitulasan tingkat Kecamatan Wangon tetap bertanggung jawab terhadap transparansi pertanggungjawaban anggaran pitulasan tahun ini melalui laporan.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu," pungkas Sugeng. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: