10 Tanda Anak Alami Perundungan, Orang Tua Wajib Waspada!

10 Tanda Anak Alami Perundungan, Orang Tua Wajib Waspada!

Ilustrasi Perundungan di Sekolah-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Saat ini, perundungan di kalangan anak-anak serta remaja menjadi masalah serius yang bisa berdampak panjang pada kesejahteraan anak. Dalam menghadapi situasi tersebut, peran orang tua dalam mendeteksi tanda-tanda bahwa anaknya mungkin menjadi korban perundungan sangatlah penting. Orang tua adalah garda terdepan dalam melindungi anak-anak mereka dari perundungan di sekolah, di mana tanda-tanda awal bisa menjadi kunci untuk menangani masalah tersebut. 

Tanda-tanda perundungan seringkali bisa tersebumbunyi, dan mungkin anak-anak tidak selalu berbicara secara terbuka tentang apa yang dialami. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengenali tanda-tanda jika anak mereka mungkin menjadi korban perundungan. Setidaknya ada 10 tanda yang perlu diwaspadai jika Anda mencurigai bahwa anak Anda mungkin menjadi korban perundungan di sekolah. 

1. Perubahan Perilaku dan Mood

Apabila Anda melihat perubahan yang drastis dalam perilaku dan mood anak Anda, ini bisa menjadi tanda pertama perundungan. Anak mungkin menjadi lebih tertutup, gelisah, ataupun agresif. Ataupun sebaliknya, mereka mungkin menjadi sangat pendiam dan menarik diri dari aktivitas sosial. 

2. Turunnya Prestasi Akademik

Seringkali anak yang menjadi korban perundungan akan sulit berkonstrasi dan belajar. Hal tersebut bisa disebabkan karena stress yang mereka alami akibat perundungan. Apabila Anda melihat penurunan tajam dalam prestasi akademik anak tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi pertanda anak mengalami perundungan. 

BACA JUGA:Hindari Kekerasan Seksual Terhadap Anak, Ini yang Orang Tua Perlu Lakukan

BACA JUGA:Berkaca dari Kasus Perundungan di Cilacap, Begini Cara Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah

3. Kerusakan Fisik ataupun Barang

Perundungan tidak selalu bersifat verbal maupun emosional. Korban perundungan pun bisa mengalami beberapa kerusakan fisik ataupun kerusakan barang-barang yang dimilikinya. Oleh karena itu, orang tua perlu untuk mengecek kondisi fisik maupun kelengkapan barang-barang anaknya seperti buku, pakaian, dll. 

4. Kekurangan Teman 

Anak yang menjadi korban perundungan mungkin akan menghindari interaksi dengan teman-teman mereka. Mereka bisa saja kehilangan teman yang akrab dengan mereka, atau mereka mungkin akan kesulitan untuk membangung hubungan sosial. 

5. Kesehatan Fisik Menurun

Stress yang berkelanjutan akibat perundungan bisa mempengaruhi kesehatan fisik anak. Anak mungkin mengalami sakit kepala, gangguan makan, sakit perut, ataupun masalah tidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: