Cerita Mistis Benteng Van der Wijck di Kabupaten Kebumen, Ada Suara Tentara Berbaris !

Cerita Mistis Benteng Van der Wijck di Kabupaten Kebumen, Ada Suara Tentara Berbaris !

Cerita Mistis Benteng Van der Wijck di Kabupaten Kebumen, Ada Suara Tentara Berbaris -Website https://www.vistanusa.com/-

RADARBANYUMAS.DISWAY.IDBenteng Van der Wijck merupakan salah satu obyek wisata sejarah yang menjadi tujuan utama para wisatawan di Kabupaten KebumenBenteng Van der Wijck terletak di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. 

Benteng ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1827. Dan memiliki luas sekitar 7.168 meter persegi dan mempunyai bentuk heksagonal. 

Benteng Van der Wijck dikelilingi oleh tembok yang tebalnya hingga 10 meter dan mempunyai 2 lantai. 

Selain sebagai obyek wisata sejarah, Benteng Van der Wijck juga memiliki beberapa cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. 

BACA JUGA:Cerita Mitos di Goa Jatijajar Kebumen, Ada Sendang yang Bisa Bikin Awet Muda !

BACA JUGA:5 Mitos di Kebumen yang Masih Diyakini Sampai Sekarang

Salah satu cerita mistis yang terkenal yaitu adanya suara orang yang sedang berbaris. Konon ketika malam hari, sering kali banyak orang yang mendengar suara seperti orang yang sedang berbaris di sekitar Benteng Van der Wijck. 

Suara ini terdengar sengat jelas dan seperti suara layaknya pasukan tentara yang sedang melakukan kegiatan baris – berbaris dengan rapi. 

Cerita tentang orang berbaris ini sudah ada sejak lama. Orang–orang sekitar mempercayai bahwa suara tersebut berasal dari para tentara  yang dulunya pernah melakukan penjagaan di Benteng Van der Wijck.

Konon katanya, pasukan tentara Belanda meninggal pada saat pertempuran dan mereka tidak bisa tenang jika mereka belum dimakamkan dengan layak. 

Ada pula yang mempercayai bahwa suara tersebut berasal dari para pekerja yang dulunya membangun Benteng Van der Wijck ini. 

Konon katanya, para pekerja mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia, dan arwah mereka tidak bisa tenang sampai Benteng Van der Wijck selesai dibangun. 

Cerita mistis orang berbaris ini hingga saat ini masih menjadi misteri. Tidak ada yang tahu kepastian dari mana suara itu berasal. 

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kuliner Khas Kebumen yang Wajib Dicoba

BACA JUGA:Cerita Mistis Gunung Tugel di Kota Purwokerto, Tempat Pemujaan Para Makhluk Halus

Akan tetapi cerita ini masih tetap menarik dan membuat Benteng Van der Wijck ini semakin terkenal. Selain dengan cerita mistisnya, Benteng Van der Wijck juga menyimpan banyak cerita menarik tentang sejarahnya. 

Benteng Van der Wijck adalah salah satu saksi bisu perjuangan Rakyat Indonesia dalam melawan penjajah Belanda. Benteng Van der Wijck juga pernah menjadi tempat tinggal para tentara Belanda dan Pejabat Belanda.

Konon katanya para pengunjung yang datang ke Benteng Van der Wijck juga sering mengalami hal–hal yang aneh ketika berada di sana.

Akan tetapi, terlepas dari cerita mistisnya, Benteng Van der Wijck adalah salah satu objek wisata sejarah yang menarik di Kabupaten Kebumen. 

BACA JUGA:Cerita Mistis dan Mitos di Balik Keindahan Telaga Sunyi Baturraden, Bikin Merinding!

BACA JUGA:5 Kisah Mistis di Balik Keindahan Gunung Slamet, Bikin Merinding!

Benteng Van der Wijck sering dikunjungi para wisatawan baik dari masyarakat Kabupaten Kebumen, maupun dari luar daerah yang ingin belajar tentang sejarah Belanda dan Indonesia. 

Nah itulah tadi cerita mistis tentang Benteng Van der Wijck di Kabupaten Kebumen, semoga bisa menambah pengetahuan kamu yah! (kia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: