Aneka Olahan Dage, Kuliner Fermentasi Unik Khas Banyumas

Aneka Olahan Dage, Kuliner Fermentasi Unik Khas Banyumas

Dage: Kuliner Fermentasi yang Unik-@pay - X.com -

RADARBANYUMAS.CO.ID - Siapa yang tak kenal dengan makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi? Pasti sebagian besar dari Anda akan menjawab tempe.

Selain tempe, ternyata terdapat makanan dari hasil fermentasi yaitu Dage. Di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, Dage sudah cukup umum dikenal masyarakat luas.

Bagi yang belum tahu, kita akan menjelajahi segala hal yang perlu Anda ketahui tentang makanan khas dari Banyumas yang satu ini. Siapkan diri Anda untuk menjelajahi dunia Dage yang lezat!

Apa itu Dage Khas Banyumas?

Sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Dage Khas Banyumas. Dage adalah makanan hasil fermentasi kelapa atau kacang yang berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Makanan ini terkenal karena memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari makanan fermentasi lainnya.

Dalam pembuatan Dage, anda harus menyiapkan ampas kelapa atau kacang khas Banyumas. Setelah itu, hancurkan kelapa atau kacag tersbeut hingga halus, selanjutnya fermentasi bahan tersebut seperti tempe.

BACA JUGA:Serba-Serbi Jenang Jaket, Kuliner Legit Khas banyumas

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kuliner Khas Kebumen yang Wajib Dicoba

Dengan melalui proses fermentasi tersebut, membuat Dage memiliki tekstur yang lebih kenyal dan cita rasa yang lebih unik.

Apa Perbedaan Dage dan Tempe Bongkrek?

Ketika berbicara tentang tempe dari Banyumas, seringkali ada kebingungan antara Dage dan Tempe Bongkrek, dua makanan khas dari daerah yang sama. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Perbedaan utama antara keduanya adalah proses pengolahan bahan dasar. Dage dan tempe bongkrek sama-sama terbuat dari ampas kelapa atau kacang tanah.

Perbedaan dua makanan ini adalah jika tempe bongkrek mengikutsertakan ampas kelapanya sementara Dage disaring terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: