11 Kuliner Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Cobain!

11 Kuliner Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Cobain!

11 Kuliner dari Cilacap-Channel E Indonesia-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hayo, kamu sudah pernah bertandang ke Cilacap belum? Kota yang juga merupakan surganya pantai ini, juga memiliki kulinernya yang wajib kamu coba kalau melipir ke Cilacap.

Mulai dari yang berkuah-kuah sampai yang goreng-goreng, semuanya ada! Penasaran nggak ada apa saja kulinernya? Yuk, kita simak bareng!

Kuliner Khas Cilacap

Brekecek

Hujan-hujan jalanan becek, kalau ke Cilacap jangan lupa makan brekecek.

Kamu sudah pernah mencoba brekecek belum? Makanan khas Kabupaten Cilacap ini terbuat dari kepala ikan jahan. Makanya, kuliner ini dikenal juga dengan brekecek patak jahan.

BACA JUGA:Nikmatnya Kuliner Tradisional Tempe Mendoan Khas Banyumas

BACA JUGA:Soto Kriyik Bu Karsini Khas Purbalingga, Kuliner Legendaris yang Masih Eksis

Di mana, patak dalam Bahasa Jawa berarti kepala. Sedangkan, ikan jahan dikenal juga dengan nama ikan lundu atau ikan duri.

Ikan yang hidup bergerombol ini hidup di muara atau laut dangkal. Biasanya hanya mencapai ukuran 1 kg. Akan tetapi, kalau yang hidup di perairan bebas, bobotnya bisa mencapai 10 kg, loh.

Brekecek merupakan perpaduan dari dua kata, yaitu brek dan kecek. Dua kata ini mengacu pada teknik pengolahan kuliner yang menyatukan kepala ikan ke dalam olahan bumbu dapur yang telah dicampur air. 

Di mana, kata brek berarti dijatuhkan sementara kecek memiliki arti dicampur.

BACA JUGA:Deretan Kuliner Indonesia yang Berhasil Memikat Hati Para Idol K-Pop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: