Ini Keuntungan Menggunakan Dana Pinjaman KUR

Ini Keuntungan Menggunakan Dana Pinjaman KUR

Tips Supaya Bisa Mendapatkan Pinjaman Modal Untuk Usaha Baru !-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kamu pasti sudah tidak asing dengan KUR atau redit Usaha Rakyat yang berarti urusan pinajamn uang dari bank dalam dunia bisnis. KUR merupakan sebuah program Pemerintah yang diresmikan pada tahun 2007 yang disediakan untuk membantu keuangan para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.

Jika mau merupakan salah satu pemilik usaha dengan modal usaha yang terbatas, maka program pinjaman KUR ini akan sangat membantu kamu. Untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini beberapa keuntungan dari menggunakan dana pinjaman KUR.

1. Suku Bunga Pinjaman Rendah

Saat sebelum adanya program pinjaman KUR, mayoritas orang akan mengajukan pinjaman melalui bank atau juga rentenir. Namun karena suku bunga yang bisa dibilang tinggi, tidak semua orang memilih untuk meminjam pada instansi-instansi tersebut. 

Contohnya bank yang secara umum memiliki suku bunga pinjaman sebesar 14% untuk kredit mikro, 8.25% untuk kredit ritel, dan 8% untuk kredit korporasi besar. 

BACA JUGA:Ini Bunga dan Syarat Pengajuan KUR Mandiri September 2023, Cocok untuk Modal Pengembangan Usaha

BACA JUGA:Tenor dan Syarat Pengajuan KUR BSI 2023

Namun semenjak Pemerintah meresmikan program pinjaman KUR, mayoritas pengusaha UMKM mampu mengembangkan usahanya tanpa perlu khawatir terbebani oleh bunga tagihan yang terlalu tinggi. Dengan besar bunga mulai dari 2% - 6%, program pinjaman KUR ini tentu menjadi pilihan terbaik bagi para pemilik UMKM. 

Maka dari itu, KUR sangat cocok untuk membantu mengangkat perekonomian dan kelancaran bisnis kamu yang memiliki usaha UMKM.

2. Syarat Pengajuan Cenderung Mudah

Selain suku bunga pinjaman yang rendah, syarat pengajuan KUR juga cukup mudah karena tidak berbelit-belit. Kamu hanya perlu datang ke penyedia layanan Kredit Usaha Rakyat terdekat dengan membawa fotokopi KTP, KK, NPWP, Surat Keterangan Usaha (asli), pas foto 4×6, dan fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah).

Namun untuk pinjaman KUR dengan nominal diatas 50 juta, kamu harus menyertakan fotokopi jaminan atau agunan untuk memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman seperti BPKB Mobil, SHM, dan SHGB.

BACA JUGA:Simak 10 Jenis Usaha yang Bisa Mengajukan KUR di BRI

BACA JUGA:Skema Pembiayaan dan Bunga KUR Pegadaian Syariah

Setelah itu apabila persyaratannya sudah kamu penuhi, nantinya usaha yang kamu miliki akan disurvei terlebih dahulu. Jika lolos survey, maka pencairan dana akan dilakukan. 

Proses pengajuan pinjaman biasa hanya butuh sekitar 1 - 2 hari, tetapi terkadang juga bisa mencapai 1 - 2 bulan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena selama persyaratan pinjaman KUR telah dipenuhi maka kamu hanya perlu sabar menunggu pencairan dananya.

3. Limit Pinjaman Cukup Besar

Jika limit pinjaman menjadi salah satu kendala terbesar kamu saat memilih program pinjaman, maka KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah opsi yang tepat. Dengan program pinjaman KUR, kamu tidak perlu merasa khawatir lagi karena limit yang ditawarkan cukup besar yaitu bisa mencapai 500 juta.

Tidak banyak layanan penyedia dana pinjaman yang sedemikian besar. Bank mungkin dapat menyediakan dana sebesar itu, namun dengan suku bunga yang jauh lebih besar. Dengan adanya kelebihan ini, kamu dapat memiliki kebebasan lebih untuk mengembangkan usaha Anda secara maksimal. 

Begini Solusi dan Cara Untuk Mengatasi Risiko Kredit KUR Macet !

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pengajuan KUR Super Mikro, MIkro , Kecil di Bank Mandiri 2023

4. Tenor Pelunasan Cukup Panjang

Tenor yang ditawarkan oleh pinjaman KUR bisa mencapai 5 tahun, dengan memilih limit pinjaman tertentu. Limit tersebut bisa bervariasi tergantung dari kebijakan penyedia layanan pinjaman KUR yang kamu pilih. 

Misalnya kamu mengajukan pinjaman sebesar 100 juta. Bila menggunakan program KUR dengan tenor 5 tahun, maka Anda cukup mengangsur sebesar 2 jutaan saja setiap bulannya.

Kemudahan yang ditawarkan pinjaman KUR ini pastinya akan membuat usahamu lebih lancar dan kamu juga bisa pelan-pelan membayar kredit bulanan sambil menunggu usahamu balik modal.

Dengan adanya program pinjaman KUR ini Pemerintah berharap agar semua pemilik usaha UMKM dapat mengembanhkann usahanya walaupun mereka memiliki modal usaha yang terbatas. Bagaimana, apakah kamu yang memiliki UMKM tertarik untuk menggunakan layanan tersebut? (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: