Begini Solusi dan Cara Untuk Mengatasi Risiko Kredit KUR Macet !

Begini Solusi dan Cara Untuk Mengatasi Risiko Kredit KUR Macet !

Begini Solusi dan Cara Untuk Mengatasi Resiko Kredit KUR Macet -Website https://bacalagers.com/kredit-usaha-rakyat/-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit yang digunakan untuk mengembangkan usaha–usaha terutama di bidang UMKM.

Akan tetapi sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan permohonan Peminjaman KUR, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Misalnya yaitu risiko Kredit macet dan solusi atau cara untuk mengatasainya. 

 

Apa sih Kredit Macet? 

Terkadang dalam melakukan peminjaman dana pasti ada kalanya kamu berada di situasi di mana kredit KUR terasa berat. Terlebih jika bisnis tidak berjalan dengan lancar dan sesuai harapan di awal. 

Kamu harus berhati–hati jika di situasi seperti ini. Kondisi seperti ini dapat bertambah parah, jika kamu merasakan kesulitan untuk dapat membayar atau melunasi cicilan. 

BACA JUGA:Syarat dan Cara Mengajukan KUR BTN Tahun 2023

BACA JUGA:Tips Menghadapi Survei KUR 2023, Dijamin Lebih Cepat Lolos dan Diterima

Kesulitan dalam pembayaran cicilan juga dapat mengakibatkan keterlambatan bayar tagihan. Yang menyebabkan menjadikan tagihan yang tak terbayarkan tersebut sebagai tunggakan. Ini berakibat hutang kamu semakin membengkak, dikarenakan adanya denda keterlambatan dan bunga yang berjalan. 

Pada situasi seperti inilah yang dinamakan kredit macet (gagal bayar). Atau bisa diartikan sebagai kondisi dimana si debitur (peminjam) sudah tidak mampu untuk membayar hutang, karena tidak memiliki dana lagi. 

Nah berikut ini ada solusi dan cara untuk mengatasi supaya kamu dapat terhindar dari risiko Kredit KUR macet, diantaranya sebagai berikut : 

1. Restructuring 

Kredit macet dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah peminjam atau debitur yang mengalami penunggakan pembayaran secara terus menerus hingga jumlah peminjaman terlalu besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: