Satu Hari, Dua Lahan Kosong di Cilacap Terbakar, Diduga karena Warga Bakar Sampah Sembarangan

Satu Hari, Dua Lahan Kosong di Cilacap Terbakar, Diduga karena Warga Bakar Sampah Sembarangan

Petugas Damkar Cilacap saat melakukan pemadaman kebakaran lahan kosong di Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Minggu (24/9/2023).-UPT Damkar Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Peristiwa kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten CILACAP. Kali ini terjadi di wilayah Desa Kunci Kecamatan Sidareja Kabupaten CILACAP. Dugaan sementara, kebakaran karena masyarakat membakar sampah secara sembarangan.

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi mengatakan, api pertama kali terlihat oleh saksi sudah membakar sebagian besar lahan pada Minggu (24/9/2023) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Saksi melihat api sudah membakar lahan pada pukul 18.00 WIB. Lokasi lahan kosong berbatasan langsung dengan pemukiman warga," katanya, Senin (25/9/2023).

Khawatir merambat ke pemukiman, saksi segera melapor ke pos damkar Sidareja, dan ditindaklanjuti dengan mengirimkan 3 orang petugas damkar dibantu 2 orang relawan.

BACA JUGA:Kejadian Kebakaran di Cilacap Meningkat, Januari-Agustus 2023 Ada 75 Kasus, Kerugian Capai Rp 2,9 M

BACA JUGA:Bakar Sampah Akibatkan Lahan Depan Kantor Pos Kroya Cilacap Terbakar

"Quick respon kami 3 menit sampai di lokasi kejadian dari awal pelaporan saksi, dan segera dilakukan pemadaman dan setelah 30 menit api berhasil dipadamkan," lanjut Supriyadi.

Di lokasi berbeda, kebakaran lahan kosong juga terjadi di Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penyebab kebakaran kembali karena warga membakar sampah secara sembarangan.

"Di Desa Karangkadri kemarin juga terjadi kebakaran lahan kosong. Penyebab lagi-lagi karena warga membakar sampah hingga api merambat membakar ilalang di lahan kosong," kata Supriyadi.

Atas dua kejadian tersebut, pihak Damkar memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam membakar sampah pada musim kemarau panjang seperti ini.

"Angin kencang dan daun atau ilalang kering dapat dengan mudah terbakar, jadi kita minta masyarakat tidak membakar sampah sembarangan, selain itu agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan," pungkas Supriyadi. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: